Ganjar Pranowo Puji Tradisi Kerukunan Penghayat di Cilacap

Mustholih    •    Rabu, 06 Jun 2018 17:13 WIB
kerukunan beragama
Ganjar Pranowo Puji Tradisi Kerukunan Penghayat di Cilacap
Ganjar Pranowo berbincang dengan penghayat Pasemuan Rumah Adat Daunlumbung di Cilacap, Rabu, 6 Juni 2018, dok: istimewa

Cilacap: Calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut satu, Ganjar Pranowo, mengunjungi komunitas penghayat Pasemuan Rumah Adat Daunlumbung di Cilacap. Ganjar memuji tradisi para pengikut penghayat itu konsisten menjaga kerukunan dalam hidup bersosial.

"Kerukunan itu pangkal kemajuan. Kalau tidak rukun, berkelahi terus ya tidak bisa maju," kata Ganjar, Cilacap, Jateng, Rabu, 6 Juni 2018.

Ganjar menilai komunitas Daunlumbung konsisten menjaga ajaran dan budaya leluhur. Ajaran tentang kerukunan telah membuat para pengikut Daunlumbung jauh dari konflik termasuk saat Pemilihan Kepala Daerah Jateng 2018. 

"Jangan sampai pilkada sudah selesai tapi nesune (marahnya) masih. Ini cuma pilkada, lebih penting dulure tanggane," ujar Ganjar. 

Selain mengunjungi komunitas Daunlumbung, Ganjar juga menyempatkan diri mengunjungi PT Wahana Kasih Mulia di Kedungreja, Cilacap. Pabrik ini mempekerjakan ibu-ibu rumah tangga dan mengajarkan mereka keterampilan menjahit dan membuat barang kebutuhan bayi.

Di pabrik ini, Ganjar berdialog dengan manajemen dan karyawan PT Wahana Kasih Mulia. "Ada kesan kreatif di sini , orang yang kreatif itu pasti adaptif. Jadi karyawan tidak cukup hanya kerja keras. Harus kreatif dan inovatif. Dari karyawan bisa jadi pengusaha," kata Ganjar kepada mereka.


(RRN)