Kapolri Jamin Enam Titik Kemacetan di Pantura Teratasi

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 10 Jun 2018 23:48 WIB
Mudik Lebaran 2018
Kapolri Jamin Enam Titik Kemacetan di Pantura Teratasi
Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di Kertasari, Tegal, Minggu, 10 Juni 2018. Medcom.id/Kuntoro Tayubi.

Tegal: Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengidentifikasi enam titik macet di sepanjang ruas tol dari Jawa Barat hingga Jawa Tengah. Tito menjamin, aparat penegak hukum telah mengantisipasi enam titik macet itu.

Dua di antara enam titik itu berada di Jawa Barat, pengerjaan jalan layang di Bekasi dan rest area Tol Cikopo. Sedangkan empat titik lain berada di Jawa Tengah, seperti pintu tol darurat Kertasari, Jembatan Kalikuto Gringsing Batang, pintu keluar Tol Krapyak Semarang, dan Salatiga.

"Tapi keenam titik ini sudah dikelola dengan baik. Saya pastikan aman," kata Tito saat meninjau gerbang tol darurat fungsional Brebes-Semarang di Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Minggu, 10 Juni 2018. 

Kemacetan di Kertasari bisa diantisispasi dengan pengalihan lalu lintas dan penggratisan pembayaran tol jika penumpukan kendaraan mencapai tiga kilometer.

"Di Kalikuto ada posko bersama untuk mengantisipasi jika terjadi kondisi darurat, di Krapyak dengan penambahan anggota. Di Salatiga juga sudah dikelola," ujar Tito.

Tito tak sendiri saat berkunjung ke Kertasari. Dalam kunjungan itu hadir Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Ketua DPR Bambang Soesatyo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, Puan berharap arus mudik Lebaran 2018 berjalan lancar. Sejumlah antisipasi pun telah dilakukan untuk memecah kemacetan.

Ia menegaskan, mudik lebaran tahun ini lebih baik dan relatif aman ketimbang sebelumnya. Apalagi, infrastruktur tol yang dibangun telah berfungsi, meski belum 100 persen.

"Arus mudik tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Pemerintah menjamin lancar," pungkas Puan.



(DRI)