Hujan Lebat Intai Yogya Beberapa Hari ke Depan

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 10 Oct 2016 12:56 WIB
prakiraan cuaca
Hujan Lebat Intai Yogya Beberapa Hari ke Depan
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Meningkatnya suhu permukaan laut selatan serta tingginya pasokan uap air dari pesisir selatan Jawa dan Sumatera, membuat Yogyakarta berpotensi diguyur hujan intensitas tinggi. Hujan diprediksi bersama kilat dan angin kencang dalam beberapa hari ke depan.

"Hal ini juga karena adanya belokan dan pertemuan angin di selatan Pulau Jawa yang berdampak kuatnya proses pertumbuhan awan," kata Joko Budiono, Koordinator Operasional Pos Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Senin (10/10/2016).

Joko mengungkapkan, selain karena memasuki musim hujan, prakiraan hujan deras tersebut juga didasarkan adanya potensi awan hujan akibat aliran massa udara dingin yang masuk wilayah Indonesia. Menurut dia, dari pemantauan alat penakar hujan, curah hujan di Yogyakarta bisa mencapai 30-50 mm per hari.

Kondisi itu, lanjutnya, berdampak munculnya hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang. "Kami imbau masyarakat waspada jika terjadi angin kencang, banjir, dan tanah longsor," ujarnya.

Longsor bahkan sempat terjadi di sejumlah lokasi di Kabupaten Gunungkidul akibat hujan lebat pada Sabtu, 8 Oktober. Longsor mengakibatkan seorang warga dirawat di rumah sakit.

"Longsor sudah terjadi di Gunungkidul berada di Kecamatan Patuk, Kecamatan Gedangsari, dan Kecamatan Semin," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul Sutaryono.

Ia juga mengungkapkan, hujan deras yang sempat terjadi dalam beberapa hari terakhir telah mengakibatkan rusaknya rumah salah seorang warga di Kecamatan Girisubo. Sutaryono meminta warga yang berada di daerah rawan bencana agar memperhatikan setiap saat kondisi lingkungan tempat tinggal.


(SAN)