Wakil Ketua KPK Ajak Masyarakat Yogyakarta untuk Jauhi Korupsi

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 18 Sep 2016 00:36 WIB
pencegahan korupsi
Wakil Ketua KPK Ajak Masyarakat Yogyakarta untuk Jauhi Korupsi
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar acara "Ngamen Antikorupsi" di halaman Stasiun Tugu Yogyakarta, Sabtu (17/9/2016) malam. Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah KPK mencegah tindak pidana korupsi.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, melalui acara antikorupsi ini, KPK mengajak masyarakat dari berbagai kalangan untuk menjauhi korupsi. Sebab menurut dia, upaya pencegahan korupsi tak cukup dilakukan hanya dengan satu cara.

"Pencegahan korupsi harus dilakukan dengan banyak cara. Dan di stasiun ini terdapat berbagai lapisan masyarakat di dalamnya," kata Saut.

Saut menambahkan, pihaknya sengaja menggelar acara di stasiun kereta, karena salah satu peradaban antikorupsi yang ingin dibangun KPK ada di jalur kereta api. Menurut dia, stasiun kereta api ibarat miniatur negara yang perlu dilakukan pencegahan korupsi.

"Bahkan cara membuang sampah harus kita bina. Pencegahan korupsi di Singapura dimulai dengan membuang sampah dengan benar," ucapnya.


Band legendaris Pengantar Minum Racun saat manggung di acara Ngamen Antikorupsi di Stasiun Tugu. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim.

Sementara itu, Manager Humas Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto menambahkan, acara ini dilakukan untuk menyosialisasikan gerakan antikorupsi kepada publik, khususnya pengunjung Stasiun Tugu. Gerakan antikorupsi, lanjut dia, harus dilakukan bersama-sama.

Acara ini tak hanya digelar di Yogyakarta. KPK sebelumnya telah menggelar acara serupa di Bandung dan Jakarta. Setelah ini, KPK akan melanjutkan sosialisasi antikorupsi ini ke Surabaya.


(AZF)