Pencairan DAU Ditunda, APBD Perubahan Kendal Batal Disahkan

Iswahyudi    •    Sabtu, 17 Sep 2016 14:54 WIB
apbd
Pencairan DAU Ditunda, APBD Perubahan Kendal Batal Disahkan
Ilustrasi dana APBD, Ant

Metrotvnews.com, Kendal: DPRD Kendal, Jawa Tengah, tak jadi mengesahkan APBD Perubahan 2016. Sikap itu merupakan buntut penundaan pencairan dana alokasi umum (DAU) untuk Pemkab Kendal.

Ketua DPRD Kendal Prapto Utono mengatakan sedianya dewan menggelar rapat paripurna pengesahan RAPBD Perubahan 2016 pada Sabtu ini 17 September. Namun pengesahan ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Prapto mengatakan keputusan menunda pengesahan berdasarkan surat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 125/PMK.07/2016 tentang penundaan penyaluran sebagian DAU.

"Karena adanya penundaan DAU terpaksa harus diselaraskan kembali," kata Prapto di ruang kerjanya.

Pencairan DAU sebesar Rp105,7 miliar untuk Kendal ditunda. Dana sertifikasi guru sebesar Rp106 miliar pun ditunda.

"Restrukturisasi anggaran saat ini baru akan di bahas di pada komisi-komisi. Yakni untuk mengurangi kegiatan yang memang dianggap titak terlalu krusial. Sehingga tidak mengganggu anggaran belanja daerah maupun gaji PNS,”  jelasnya.

DPRD, lanjut Prapto, sudah mendorong pemerintah untuk mengatasi masalah itu. Ia menyarankan SKPD kembali menelaah berkas perubahan.

Prapto mengatakan menjadwalkan kembali Rapat Badan Musyawarah (Bamus) dan Badan Anggaran (Banggar) agar bisa berkoordinasi bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk mencari solusi bersama.

“Mengingat waktunya pendek untuk APBD Perubahan segera disahkan, maka para komisi maupun SKPD harus bergerak cepat untuk melakukan restrukturisasi. Target kami, 23 September RAPBD Perubahan sudah bisa diselaraskan," tambahnya.


(RRN)