Wapres JK Ajak Mahasiswa jadi Wiraswasta

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 04 Nov 2018 12:54 WIB
Pendidikan Tinggi
Wapres JK Ajak Mahasiswa jadi Wiraswasta
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberi kuliah umum dan menyongsong Dies Natalies ke 60 Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Minggu, 4 November 2018. Medcom.id-Ahmad Mustaqim

Sleman: Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta mahasiswa tak menggantungkan masa depannya menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Ia mengajak mahasiswa menjadi wiraswasta, sebab, peluang sarjana menjadi PNS sangat kecil. 

Ia mengatakan dirinya bersama kementerian telah menggelar rapat pekan lalu. Dalam rapat itu, diketahui ada sebanyak 44 juta orang mendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS), nanti hanya 125 ribu pendaftar yang diterima. 

"Artinya tak lebih dari tiga persen diterima (PNS). Generasi saya ingatkan, cita-cita jadi PNS sangat kecil kemungkinan (tercapai)," ujar Kalla dalam acara kuliah umum dan menyongsong Dies Natalies ke 60 Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Minggu, 4 November 2018. 

Ia mengatakan, kondisi demikian akan berlangsung terus ke depan. Banyak generasi muda yang selesai universitas kecil kemungkinan kesempatan masuk pemerintahan. 

Kalla mengajak generasi muda lebih berani menjadi wiraswasta. Ia menilai, peluang menjadi wiraswasta lebih besar bagi generasi milenial saat ini. 

"Dulu berdagang harus di lapangan. Sekarang bisa membuat akun media sosial. Orang terkaya seperti pendiri Facebook, Mark Zuckerberg memulainya di kamar tidur kampus. Lalu Google, Bill Gates memulainya di garasi rumah. Teknologi telah melampaui banyak hal," ujarnya. 

Menurut dia, teknologi menyebabkan semua terlihat mudah. Perubahan yang ada di dunia saat ini terjadi karena teknologi dan inovasi. 

"Generasi milenial adalah pemanfaatan teknologi dengan baik. Generasi saat ini yang dapat bekerja dengan kemampuan-kemampuan yang ada. Kampus harus mendidik anda sebagai profesional atau wirausaha," ungkapnya. 


(ALB)