Pasar Murah Digelar di Halaman Benteng Vastenburg

Pythag Kurniati    •    Selasa, 18 Dec 2018 11:33 WIB
pasar murah
Pasar Murah Digelar di Halaman Benteng Vastenburg
Pasar murah di halaman benteng Vastenburg, Kota Solo, Selasa 18 Desember 2018, Medcom.id - Pythag

Solo: Pasar murah digelar di halaman Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah, mulai Selasa, 18 Desember 2018. Sebanyak 100 gerai menjual berbagai komoditi di pasar tersebut.

Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Solo Fx Hadi Rudyatmo mengatakan pasar murah berlangsung hingga tiga hari ke depan. Kegiatan tersebut bertajuk: Pasar Mirunggan, Gotong-Royong TPID Solo.

"Pasar digelar untuk mengantisipasi harga yang biasa bergejolak saat Natal dan Tahun Baru," kata pria yang akrab disapa Rudi dan juga menjabat sebagai Wali Kota Solo itu.

Komoditi yang dijual seperti buah, kuliner, sayur mayur, minyak goreng, hingga telur ayam. Warga dapat berbelanja mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB.

Rudy mengatakan harga di Benteng Vestenburg itu lebih murah ketimbang di pasar. Pemerintah, ujarnya, tak memberikan subsidi. Namun, lanjut Rudy, pedagang yang bersedia mengurangi untung.

"Itu namanya gotong royong," ungkap Rudy.

TPID juga membuka Kios Mirunggan di beberapa pasar. Kios yang menjual sembako murah ini dibuka di empat pasar, yakni Pasar Gede, Pasar Jongke, Pasar Harjodaksino dan Pasar Nusukan.

Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagiyo, mengatakan kios tersebut menjual beras, minyak dan telur. "Barangnya dipasok oleh Bulog, PPI dan Pedaringan," ujarnya.

Berbeda dengan Pasar Mirunggan yang dibuka hanya tiga hari. Kios Mirunggan dibuka setiap hari, seperti kios pedagang pada umumnya. "Harganya sudah disesuaikan, jadi tidak bersaing dengan pedagang," tutur Subagiyo.


(RRN)