Banjir Pati karena Lima Tanggul Sungai Jebol

Rhobi Shani    •    Sabtu, 06 Jan 2018 12:39 WIB
banjirbencana banjir
Banjir Pati karena Lima Tanggul Sungai Jebol
Banjir merendam empat kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yaitu Kecamatan Pucakwangi, Jakenan, Jaken dan Batangan. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani

Pati: Banjir melanda empat kecamatan di Kabupaten Pati Jawa Tengah. Selain disebabkan curah hujan, banjir juga disebabkan tanggul sungai jebol. Ada lima titik tanggul Sungai Ketintangwetan yang jebol.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Sansusi Siswoyo menyampaikan titik tanggul masing-masing jebol sepanjang enam meter. Tak pelak, air sungai langsung merendam wilayah permukiman warga Desa Ketintangwetan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati.

“Tanggul-tanggul yang jebol, untuk sementara akan dikirim sak untuk perbaikan sementara," ujar Sanusi, Sabtu 6 Januari 2018.

Sedikitnya 500 kepala keluarga terdampak banjir yang disebabkan tanggul jebol ini. selain Desa Ketintangwetan, banjir di Kecamatan Batangan juga merendam sebagian besar wilayah Desa Raci.

(Baca: Banjir Rendam Empat Kecamatan di Pati)

Sanusi menerangkan, hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Pati masih di bawah normal. Intensitas curah hujan akan meningkat sepanjang Januari.

“Meskipun curah hujan di bawah normal, kami menghimbau kepada warga untuk tetap waspada,” kata Sanusi.

Sebelumnya, hujan mengguyur wilayah pegunungan Kendeng pada Jumat 5 Januari 2018, mulai sore hingga jelang tengah malam. Ada empat kecamatan yang terendam banjir. Hingga saat ini, banjir yang menggenangi rumah-rumah warga antara 40 hingga 60 sentimeter. Banjir juga menggenangi jalan desa sehingga membuat aktivitas warga terganggu.


(SUR)