Kerugian Akibat Puting Beliung di Pemalang Capai Rp2,4 Miliar

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 01 Jan 2018 15:19 WIB
puting beliung
Kerugian Akibat Puting Beliung di Pemalang Capai Rp2,4 Miliar
TNI dan Polri membantu membersihkan bangunan warga yang terkena bencana angin Puting Beliung di Pemalang, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id /Kuntoro Tayubi

Pekalongan: Kerugian akibat bencana angin puting beliung di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, diperkirakan mencapai Rp2,4 miliar. BPBD Kabupaten Pemalang mencatat 185 rumah rusak akibat bencana yang terjadi pada Minggu, 31 Desember 2017, sore tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pemalang, Wismo menyampaikan pihaknya masih terus mendata jumlah rumah rusak dan warga yang terdampak.

"Datanya masih berubah-ubah. Data terakhir ada 185 rumah rusak dengan perkiraan kerugian sekitar Rp 2,4 miliar lebih," katanya saat ditemui di lokasi kejadian, Senin, 1 Januari 2018.


Sejumlah bangunan yang terkena puting beliung di Pemalang, Jawa Tengah, rata dengan tanah. Foto: Medcom.id /Kuntoro Tayubi

Pendataan masih terus dilakukan. Data sementara yang dimiliki BPBD Kabupaten Pemalang menunjukkan bangunan rusak ringan sebanyak 164 rumah, rusak sedang 6 rumah, rusak berat 4 rumah, dan roboh 8 rumah.

"Petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, dan warga, sudah bergotong-royong membersihkan puing-puing bangunan," ujarnya.

Bantuan berupa logistik dan obat-obatan maupun peralatan kebutuhan anak mengalir ke posko bencana yang berada di Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang. Satu dapur umum kami dirikan untuk memenuhi kebutuhan makan pengungsi dan warga. Ada juga obat-obatan dan kebutuhan lain," pungkasnya.

(Baca: Pemalang Disapu Puting Beliung, 159 Rumah Rusak)

 


(SUR)