Menteri Susi Akui Punya Kenangan Manis di SMA 1 Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Jumat, 15 Dec 2017 19:40 WIB
perikanan
Menteri Susi Akui Punya Kenangan Manis di SMA 1 Yogyakarta
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam talkshow di Yogyakarta, Jumat, 15 Desember 2017, Medcom.id - Vicka

Yogyakarta: Tak banyak yang tahu, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti pernah mengenyam pendidikan SMA di Kota Yogyakarta. Walau tak sampai lulus, Menteri Susi pernah bersekolah selama 2 tahun di SMA 1 Teladan Kota Yogyakarta.

Saat menghadiri reuni akbar SMAN 1 di Jogja Expo Center (JEC), Bantul DIY, wanita pendiri maskapai Susi Air itu berbagi kenangan manisnya. Ia didapuk sebagai salah seorang pembicara dalam acara Talkshow Reunian Akbar tersebut.

Menurutnya hal yang tak terlupakan saat bersekolah di SMA favorit di Kota Pelajar yaitu makan bakso bersama teman-temannya. Susi memang gemar makan bakso. Ia selalu menyempatkan diri menyantap bakso saat berkunjung ke daerah.

"Kenangan manis ada banyak. Makan bakso ramai-ramai, latihan baris-berbaris, diskusi bersama sampai kadang debat. Banyaklah kenangan manis di sini," tutur Susi saat didapuk menjadi pembicara di Yogyakarta Jumat 15 Desember 2017.

Ia juga menceritakan soal teman sebangku yang bernama Dwikorita Karnawati. Saat ini Dwikorita menjabat sebagai Kepala BMKG dan pernah bertugas sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada. Menurut Menteri Susi, Rita, panggilan akrab Dwikorita adalah sosok yang cerdas dan berani. Jiwa pemimpinnya sudah terlihat sejak kecil.

"Sayangnya saya duduk sebangku hanya setahun. Karena saya kemudian sakit dan mengulang kelas. Akhirnya saya duduk sebangku sama adiknya, Rina," kata Susi sambil tersenyum.

Susi mengaku hanya bersekolah dua tahun di SMA tersebut. Ia memutuskan berhenti. Ia lalu berjuang untuk sukses dan mandiri secara finansial dengan berjualan.

"Biarpun saya tidak lulus SMA, saya berjanji untuk bisa mandiri dan membiayai hidup saya sendiri. Makanya setelah enggak sekolah, saya jualan," jelaa Susi.

Iapun kagum dengan karakter siswa SMA Yogyakarta yang menurutnya santun, tidak heboh dan disiplin. Sebelum meninggalkan acara, Menteri Susi berpesan kepada siswa SMA untuk lebih berpikir selangkah lebih maju dan tampil berani. 

"Anak muda harus lebih maju dan berani mendobrak. Jangan cuma berpikir untuk hari ini. Tapi berpikir untuk besok-besok dan masa depan," pungkasnya.


(RRN)