Puluhan Desa di Pati Terancam Kekeringan

Rhobi Shani    •    Kamis, 20 Jul 2017 10:14 WIB
kekeringan
Puluhan Desa di Pati Terancam Kekeringan
Kekeringan, MTVN - M Rizal

Metrotvnews.com, Pati: Sebanyak 97 desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terancam kekeringan. Desa-desa tersebut tersebar di 10 kecamatan di wilayah Pati Selatan.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sanusi Siswoyo menyampaikan, jumlah desa yang terancam kekeringan itu berdasarkan pada kasus kekeringan yang terjadi sejak 2014 hingga 2016.
 
“Sampai saat ini belum ada laporan, tapi pemetaan kami kekeringan tahun ini terjadi di desa-desa yang sama dengan tahun-tahun lalu,” ujar Sanusi, Kamis 20 Juli 2017.
 
Sanusi bilang, sebagai langkah antisipasi, pihaknya menyiapkan anggaran sebanyak Rp100 juta. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli air bersih. B{BD juga menggandeng sejumlah instansi untuk mengucurkan dana corporate social responsibility (CSR) menangani kekeringan di Pati.
 
“Sampai sekarang belum ada permintaan (droping air bersih). Kalau sudah ada permintaan dari warga akan segera kami salurkan kebutuhan air bersih. Teknisnya, akan kami bagi merata,” kata Sanusi.
 
Wilayah Pati Selatan yang terancam kekeringan, Sanusi menyebutkan, diantaranya wilayah Batangan, Jaken, Jakenan, Gabus, Sukolilo, Puncak wangi, Kayen, dan Margorejo. Kondisi tanah di wilayah tersebut kering dan air tanah yang dihasilkan payau.
 
“Untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang dikonsumsi warga beli. Air tanah hanya dimanfaatkan untuk cuci dan mandi,” ungkap Sanusi.
 
Selain terancam kekeringan, Sanusi menambahkan, saat musim penghujan wilayah tersebut juga kerap dilanda banjir.


(RRN)