Yogyakarta Raih Penghargaan Pastika Parama 2017

Patricia Vicka    •    Rabu, 12 Jul 2017 17:56 WIB
penghargaan
Yogyakarta Raih Penghargaan Pastika Parama 2017
Menkes Nila M menyerahkan Piagam Penghargaan Pastika Parama 2017 -- istimewa

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Keberhasilan Pemerintah Kota Yogyakarta menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) diganjar penghargaan `Pastika Parama` dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek kepada Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Titik Sulastri di The Alana Hotel & Covention Center pada Rabu 11 Juli 2017.

Titik mengklaim, Yogyakarta berhasil menerapkan KTR di delapan kawasan sesuai Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2017 tentang KTR. Perda ini dinilai berpengaruh dan berhasil meningkatkan pemahaman warga tentang batasan kawasan bebas asap rokok.

"Yang dinilai bukan daerah itu sudah bebas rokok dari warganya, tapi bagaimana warga merokok pada tempat yang sudah ditetapkan," kata Titik di Yogyakarta, Rabu 12 Juli 2017.

Menurut Titik, keberadaan Perda KTR adalah upaya Pemkot Yogya yang ingin melindungi warganya dari bahaya rokok. "Pilihan ini didasari semangat dan keyakinan bahwa proses mencegah penyakit jauh lebih baik dibandingkan mengobati," katanya.

Kepala Dinkes Kota Yogya Fita Yulia Kisworini menambahkan, akan terus berkomitmen menerapkan kawasan tanpa rokok. "Kita patut berbangga dengan adanya penghargaan tersebut, karena kita memiliki aturan daerah dan menerapkan aturannya. Ada daerah yang miliki perda, namun tidak mengimplementasikan," katanya.

Sosialisasi untuk tertib tidak merokok di tempat-tempat tertentu akan selalu dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan cara turun langsung ke sejumlah titik seperti, sekolah, hotel, mall, dan tempat umum lainnya.

"Aparat pemerintah dan masyarakat harus paham bahwa asap rokok memberi dampak bahaya kesehatan kepada orang lain. Dengan mematuhi KTR akan terbentuk norma baru yang sehat dan lebih bermartabat," ujarnya.


(NIN)