Tak Sedikit Mahasiswa Tidak Hafal Indonesia Raya

Iswahyudi    •    Kamis, 24 Aug 2017 16:29 WIB
pancasila
Tak Sedikit Mahasiswa Tidak Hafal Indonesia Raya
Kantor Kesbangpol Kabupaten Kendal, Jateng. (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Salah satu tugas wajib mahasiswa adalah menghasilkan penelitian lapangan atau pengabdian masyarakat. Kegiatan itu tentu saja memerlukan izin dari pemerintah tempat mahasiswa melakukan penelitian.

Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, memberikan syarat khusus. Mahasiswa pemohon izin penelitian diwajibkan hafal lagu Indonesia Raya dan sila-sila pada Pancasila.

"Banyak mahasiswa yang meminta izin penelitian di Kendal, saat kita tes menyayikan lagu Indonesia Raya tidak hafal. Bahkan, Pancasila saja juga tidak hafal," kata Kepala Kesbangpol Kendal Feri Nando Road Bonay di ruang kerjanya, Kamis 24 Agustus 2017. Beberapa mahasiswa juga disebutnya tidak hafal lambang-lambang dalam Pancasila.

Baca: Tiap Pagi dan Malam, Lagu Kebangsaan Berkumandang di Desa-desa di Kendal

Kebijakan ini, kata Feri, semata-mata untuk menumbuhkan rasa nasionalisme. Pasalnya, sebagai mahasiswa diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat. 

"Kami prihatin, ternyata ada mahasiswa yang tidak hafal lagu Indonesia Raya, maka dibuat kebijakan bagi mahasiswa yang akan mengajukan izin penelitian harus hafal lagu  kebangsaan" tutur Feri.

Persyaratan ini disebutnya sejalan dengan program Bupati Kendal ihwal pemutaran lagu kebangsaan di semua desa tiap pagi dan malam.


(SAN)