Kekeringan Landa Tiga Desa di Jepara

Rhobi Shani    •    Kamis, 24 Aug 2017 14:59 WIB
kemarau dan kekeringan
Kekeringan Landa Tiga Desa di Jepara
BPBD Jepara melakukan droping air bersih. MTVN/Rhobi--

Metrotvnews.com, Jepara: Tiga desa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, saat ini kesulitan mendapatkan air bersih. Kekeringan melanda Desa Kedung Malang, Desa Raguklampitan, dan Desa Kalianyar. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara melakukan droping air.
 
Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jepara Jamaludin menjelaskan, Desa Kedungmalang dan Raguklampitan sudah mengalami kesulitan air bersih sejak bulan lalu. Sementara, Desa Kalianyar mengalami krisis air bersih baru-baru ini.
 
“Sementara ini droping air tiga hari sekali, tapi kalau minta tambah nanti akan kami tambah. Droping air menyesuaikan kebutuhan masyarakat,” terang Jamaludin, Kamis 24 Agustus 2017.
 
Selain mengandalkan air tanah, warga di Desa Kedung Malang dan Kalianyar juga teraliri air bersih dari pipa PDAM. Namun saat musim kemarau seperti sekarang ini sering tersendat dan hanya keluar sedikit. Sementara di Raguklampitan, mayoritas warganya selama ini memang mengandalkan sumur. Saat musim kemarau ini debit air sumur menurun bahkan kerung.
 
“Pamsimas ada tapi di daerah bawah. Yang di dataran tinggi belum ada makanya saat ini warga mengandalkan droping air dari BPBD,” beber Jamaludin.
 
Direktur PDAM Kabupaten Jepara Prabowo menyatakan, empat sumur miliknya yang biasa untuk memenuhi pelanggan di wilayah Kedung mengalami penyusutan debit hingga 10 persen. Praktis kondisi itu membuat pasokan air bersih ke pelanggan tersendat.
 
“Di awal kemarau ini sumur kami rata-rata menyusut sampai 10 persen. Untuk antisipasi kekeringan tahun depan, saat ini kami proses pembuatan satu sumur baru di Dongos untuk pengutan pasokan wilayah Kedung,” terang Prabowo.



(ALB)