Kawasan Malioboro Bebas PKL Selama 24 Jam Besok

Patricia Vicka    •    Senin, 25 Sep 2017 19:25 WIB
lingkungan
Kawasan Malioboro Bebas PKL Selama 24 Jam Besok
Suasana di pedestrian Malioboro sehari sebelum kegiatan bersih-bersih pada 26 September 2017, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Malioboro, Yogyakarta, tak akan berjualan selama 24 jam pada Selasa 26 September 2017. Sopir becak dan penarik andong pun juga libur besok.

Pemerintah DI Yogyakarta menetapkan kawasan legendaris itu bebas PKL di setiap Selasa Wage penanggalan Jawa. Selama itu pula, UPT Maliboro bakal melakukan kegiatan bersih-bersih.

"Bersih-bersih akan dimulai sekitar pukul 08.00 wib. Kami sudah siapkan alat-alat dan petugas kebersihan. Kami adakan juga cara wiwitan," kata Kepala UPT Malioboro Syarif  Teguh, Senin 25 September 2017.

Kegiatan bersih-bersih dimulai dari depan Hotel Ina Garuda hingga Gedung Agung yang berlokasi dengan Titik Nol Yogyakarta. PKL juga ikut bergotong royong dalam kegiatan tersebut.

"Tujuannya biar di sini bersih dan nyaman untuk wisatawan," lanjut Syarif.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono menjelaskan kegiatan bebas PKL bertujuan agar wisatawan dan warga leluasa menggunakan pedestrian. Pasalnya selama ini pedestrian Malioboro baik sisi timur maupun barat kerap penuh sesak dengan para PKL.

Esok merupakan hari uji coba pertama penerapan bebas PKL seharian. Jika mendapat sambutan positif, Pemkot akan terus menerapkan peraturan ini setiap Selasa Wage.



(RRN)