Adi Soemarmo jadi Bandara Paling Sehat di Indonesia

Pythag Kurniati    •    Selasa, 15 Nov 2016 11:16 WIB
bandara
Adi Soemarmo jadi Bandara Paling Sehat di Indonesia
Sejumlah penumpang turun dari pesawat komersial di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah. (Ant/Aloysius Jarot Nugroho)

Metrotvnews.com, Boyolali: Untuk kali pertama Bandara Adi Soemarmo meraih predikat Bandara Sehat dalam ajang Penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat tingkat Nasional Tahun 2016. Ajang ini digelar dua tahun sekali.

Humas Bandara Adi Soemarmo, Dian Ratih Ristauri mengungkapkan sebelumnya Bandara Adi Soemarmo menjalani verifikasi penilaian oleh tim Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan pada 25-27 Oktober 2016.

“Ada beberapa kriteria yang menjadi patokan penilaian bagi Bandara Sehat Tahun 2016,” ujar Ratih, Selasa (15/11/2016). Antara lain penyelenggaraan kesehatan lingkungan, penataan sarana prasarana. Kemudian peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat serta peningkatan keamanan dan ketertiban.

Ratih melanjutkan Bandara Adi Soemarmo juga memiliki beberapa program seperti pemanfaatan hasil pengolahan limbah cair, membuat jalur sepeda, pengawasan terhadap limbah B3 dan membuat ruang terbuka hijau.

“Penghargaan ini menjadi motivasi dan semangat baru untuk lebih meningkatkan kebersihan, kesehatan dan kepedulian terhadap lingkungan,” papar General Manajer Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman.

Usman menerangkan Bandara Adi Soemarmo menyabet peringkat pertama Bandara Sehat disusul Bandara Sultan Syarif Kasim II Riau. Kemudian di posisi ketiga diraih Bandara Soekarno Hatta Tangerang.

“Ini menunjukkan bahwa bandara kecil seperti Adi Soemarmo juga bisa bersaing dan berprestasi dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi pelanggan, pekerja maupun lingkungan,” pungkasnya.


(SAN)