Pemilik Kapal Dharma Kencana II Siap Berikan Ganti Rugi

Mustholih    •    Senin, 30 Oct 2017 02:53 WIB
kapal terbakar
Pemilik Kapal Dharma Kencana II Siap Berikan Ganti Rugi
Ilustrasi. Foto: Antara/Didik Suhartono

Metrotvnew.com, Semarang: PT. Dharma Lautan Utama meminta maaf kepada para penumpang kapal Dharma Kencana II yang terbakar di perairan Karimunjawa, Jawa Tengah. Selaku pemilik kapal, perusahaan tersebut memastikan pemberian ganti rugi kepada para penumpang.

"Kepada seluruh pelanggan, penumpang kapal, kami mohon maaf atas kejadian yang terjadi di kapal kami," kata Direktur Utama PT Dharma Lautan Utama Erwin H Poedjono di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Minggu 29 Oktober 2017.

Menurutnya Dharma Kencana II sudah memenuhi standar keamanan sebuah kapal. Sebab sudah sepuluh tahun kapal ini mengangkut maksimal 952 penumpang dan 50 kendaraan dengan rute pulang pergi Semarang, Jawa Tengah-Pontianak, Kalimantan Timur.

"Sehingga kami pernah mendapat penghargaan baik nasional maupun internasional karena mampu memberi layanan terbaik bagi para penumpang," tegasnya.

Setelah kejadian, lanjutnya semua penumpang dievakuasi ke Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah, Dharma Lautan Utama pun menjamin akomodasi para penumpang.

"Kami aegera melakukan penanganan. Tempat istrirahat, medis, pakaian dan pendataan ulang para penumpang. Kami sudah luncurkan petugas (di Kumai) untuk mempersiapkan penginapan dan tempat istirahat," jelas Erwin.

Karena tujuan para penumpang ke Pontianak, Dharma Lautan Utama juga menyediakan transportasi di Kumai secara cuma-cuma. Bahkan, Erwin menjamin pihaknya memfasilitasi para penumpang Dharma Kencana II yang memutuskan balik ke Semarang, Jawa Tengah.  

"Akan ada uang saku bagi penumpang untuk kebutuhan sehari-sehari di Kumai," ungkap Erwin.

Erwin meambahkan Dharma Kencana II layak berlayar dan saat mengalami musibah tidak dalam kondisi kelebihan muatan. "Kapasitas kapal sangat longgar. Penumpang maksimal 900 orang tapi saat itu cuma muat untuk 200 orang. Kendaraan campuran mampu menampung 50 unit kendaraan," jelas Erwin.

Adapun para penumpang Dharma Kencana II bakal menerima santunan Jasa Raharja ditambah uang ganti rugi dari perusahaan sekitar Rp1 sampai Rp2 juta per orang.

"Santunan saya pijir sesuai Jasa Raharja. Hanya saja ada sedikit tambahan rasa prihatin kami, satu orang Rp1 juta atau Rp2 juta. Nanti akan kami evaluasi," terang Erwin.

Bagi penumpang yang membawa kendaraan ke Dharma Kencana II, Erwin juga memastikan bakal memberikan ganti rugi. Setiap kendaraan yang diangkut Dharma Kencana II sudah diasuransikan. "Kami sudah siapkan asuransi dan tentunya akan dikakukan proses penghitungan," tambahnya.

Kapal Motor (KM) Dharma Kencana II mengalami musibah di perairan Karimunjawa, Jawa Tengah. Kapal penumpang yang sedang berangkat dari Semarang, Jawa Tengah, ke Pontianak, Kalimantan Timur, itu terbakar  di 46 mil barat laut Karimun Jawa pada pukul 03.45 WIB, Minggu, 29 Oktober 2017.

Saat mengalami musibah, kapal ini membawa 206 orang. Selain itu, Dharma Kencana juga mengangkut motor 20 unit, truk kecil satu unit, truk 17 unit, dan mobil pribadi 8 unit.


(Des)