232 Kabupaten/Kota di Indonesia Sudah Peduli HAM

Pythag Kurniati    •    Minggu, 10 Dec 2017 15:12 WIB
hak asasi manusia
232 Kabupaten/Kota di Indonesia Sudah Peduli HAM
Jokowi memberikan penghargaan bagi sejumlah daerah yang masuk kategori peduli HAM di Kota Solo, Jateng, Minggu, 10 Desember 2017. Foto: Istimewa

Solo: Sejumlah kabupaten/kota di Indoenesia mendapatkan penghargaan atas pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi dalam Hari HAM Sedunia ke-69 di Kota Solo, Jawa Tengah.

Sebanyak 351 dari 515 kabupaten/kota di Indonesia berpartisipasi menyampaikan data capaian terkait pemenuhan HAM. Dari jumlah tersebut, 232 kabupaten/kota masuk kategori peduli HAM. Sedangkan 84 kabupaten/kota berpredikat cukup peduli HAM.

Selain kabupaten/kota, penghargaan atas kepedulian pada HAM juga diserahkan ke sejumlah provinsi. Antara lain Jawa Tengah dan Bangka Belitung.

Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras semua pihak yang telah berkontribusi. "Apresiasi saya pada Gubernur, Wali Kota, Bupati yang telah mengembangkan daerah berwawasan HAM," kata Presiden, Minggu, 10 Desember 2017.

Sebagai salah satu penerima penghargaan kota peduli HAM, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengklaim Surakarta telah melakukan pelayanan yang transparan. Pemerintah Kota pun menjamin hak-hak warga tidak mampu. Salah satunya dengan program relokasi bantaran serta program pembiayaan kesehatan.

"Kami juga memiliki Sonjo Wargo. Sebuah forum yang memberikan hak warga untuk menyampaikan pendapat untuk pengambilan keputusan," jelas Rudy.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengemukakan penghargaan terkait kepedulian pada HAM menjadi sebuah tanggung jawab besar bagi kota bengawan. "Harus dipertahankan dan ditingkatkan," kata pria yang akrab disapa Rudy itu usai menerima penghargaan.

Adapun acara Hari HAM Sedunia ke-69 di Kota Solo Jawa Tengah dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Sejumlah tokoh penting lain turut hadir seperti Menkumham Yasonna Laoly, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, serta perwakilan dari provinsi, kota dan kabupaten di Indonesia.
 


(SUR)