Banjir Grobogan Meluas

Deo Dwi Fajar Hari    •    Senin, 10 Oct 2016 16:16 WIB
banjir
Banjir Grobogan Meluas
Kendaraan coba menerobos banjir di Gubug, Grobogan, Jateng, Senin (10/10/2016). (Metrotvnews.com/Deo)

Metrotvnews.com, Grobogan: Banjir di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, yang semula menggenangi tujuh desa di dua kecamatan meluas. Lantarannnya, banjir mengalir ke beberapa desa di wilayah bawah Kabupaten Grobogan, Senin 10 Oktober.

Camat Tegowanu Khasan Anwar, ditemui di posko penanggulangan bencana, mengungkapkan, genangan tertinggi terjadi di Desa Tanggirejo.

"Air dari Tanggirejo yang mulai surut malah mengalir ke Desa Mangunsari. Jika Tanggirejo mulai tergenang pada Minggu 9 Oktober 2016 malam, di Mangunsari, air baru datang pada pagi tadi," ungkapnya.

Banjir tersebut membuat warga Desa Mangunsari tak sempat menyelamatkan barang berharga. Sebab, konsentrasi warga pada kemungkinan air masuk dari tanggul Sungai Renggong. "Air malah masuk dari sungai Kliteh yang ada di belakang desa," tambahnya.

Kepala BPBD Kabupaten Grobogan Agus Sulaksono mengungkapkan, banjir di Desa Ngroto, Kecamatan Gubug, akibat tanggul jebol di Sungai Tuntang. Jalur dari Kabupaten Grobogan ke Kota Salatiga terputus di Desa Kuwaron lantaran jalan tergenang hampir satu meter.

Di Kecamatan Gubug, air menggenang di Desa Kemiri, Ngroto dan Kuwaron. Di Kecamatan Tegowanu, air menggenang di Desa Tanggirejo, Sukorejo, Bedani, Mangunsari dan Tlogorejo.

"Ada ribuan warga yang tinggal di belasan dusun terdampak," imbuhnya.


(SAN)