Jalan Penghubung di Brebes Terputus akibat Longsor

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 18 Sep 2016 09:47 WIB
longsor
Jalan Penghubung di Brebes Terputus akibat Longsor
Jalan penghubung desa longsor akibat hujan deras di Brebes, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Jalan penghubung Desa Kaliloka ke Desa Benda, Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah terputus akibat longsor. Warga bergotong royong membuat jalur sementara untuk pejalan kaki. 

Kepala Desa Kaliloka, Nanang Khakim mengatakan, peristiwa longsor terjadi akibat hujan deras mengguyur wilayahnya semalaman penuh. 

"Kejadiannya pas hujan deras, untung juga lagi tidak ada yang lewat sana," ujar Nanang, Minggu (18/9/2016).

Longsor yang terjadi pada Sabtu, (17/9/2016) itu, tepatnya berada di RT 03/06 desa setempat. Jalan longsor sepanjang 50 meter dan lebar 3 meter serta ketinggian longsor 3,5 meter. 

Jalur tersebut merupakan akses penghubung jalan warga di desanya menuju Desa Benda. Jalan itu, kata Nanang, juga menjadi jalur alternatif yang menghubungkan Kecamatan Bumiayu dengan Kecamatan Sirampog.
 
"Jadi sementara ditutup total, karena tidak dapat dilintasi kendaraan,” katanya.
 
Pihaknya juga telah melapor ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes untuk segera melakukan penangan darurat di lokasi jalan longsor.
 
"Sudah kami laporkan, soalnya ini jalan alternatif warga kalau mau ke pasar juga jalur bagi para siswa berangkat dan pulang sekolah," katanya.
 
Sementara itu, puluhan warga juga dikerahkan secara gotong royong untuk melakukan penanganan darurat di lokasi jalan longsor, agar dapat dilintasi pejalan kaki. 
 
"Sekitar 50 warga dikerahkan untuk membuat jalan darurat bagi pejalan kaki," tandasnya, seraya menambah kerugian sekitar Rp100 juta, tidak ada korban jiwa.


(SAN)