Longsor, Ratusan Warga Banjarnegara Terisolasi

Liliek Dharmawan    •    Kamis, 29 Sep 2016 14:49 WIB
longsor
Longsor, Ratusan Warga Banjarnegara Terisolasi
Ilustrasi. Foto: Metrotvnews.com/Batur

Metrotvnews.com, Banjarnegara: Hujan deras memicu longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah. Kali ini longsor menyebabkan ratusan jiwa Dusun Kali Wadas, Desa Mlaya, Kecamatan Punggelan terisolasi. Longsor menyebabkan seorang luka dan membuat 306 jiwa atau 77 keluarga mengungsi.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo mengungkapkan hujan deras di wilayah Dusun Kali Wadas menyebabkan wilayah perbukitan di hutan setempat mengalami longsor.

"Dengan adanya longsor di perbukitan yang berada di atas pemukiman penduduk, maka warga kemudian mengungsi. Saat ini tercatat ada 306 jiwa mengungsi di masjid dusun setempat," kata Andri, Kamis (29/9/2016).

Longsor juga menyebabkan seorang warga, Warno, 33, mengalami luka akibat tertimpa longsoran. Kini korban sudah dibawa ke RSUD Banjarnegara untuk dirawat. 

"Warga Kali Wadas saat ini terisolasi karena jalan menuju desa setempat tertimbun longsor. Setidaknya ada 7 titik longsoran di jalan yang menuju Dusun Kali Wadas dari Desa Mlaya," ujarnya.

Jarak menuju dusun itu hanya enam kilometer, namun aksesnya tertutup longsoran. Sehingga, harus memutar melewati Kecamatan Karangkobar, Kalibening, dan Pandanarum dengan jarak hingga 80 kilometer.

"Kami masih berkonsentrasi kepada para pengungsi dan membuka akses jalan," ┬Łkatanya.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Catur Subandrio mengatakan petugas BPBD telah terjun ke lokasi kejadian sejak Rabu 28 September malam setelah longsor terjadi. 

"Saat ini BPBD konsentrasi untuk menangani pengungsi. Kami juga bakal membuka akses jalan yang tertimbun longsor tersebut," ┬Łkatanya.

 


(UWA)