Pekalongan Tetapkan Siaga Bencana

   •    Kamis, 17 Nov 2016 15:05 WIB
longsor
Pekalongan Tetapkan Siaga Bencana
Foto ilustrasi. (Ant/Iggoy el Fitra)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Satu pekan terakhir, longsor melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Pemerintah kabupaten setempat menetapkan siaga bencana alam.

"Sebagai upaya mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana susulan, apalagi curah hujan masih relatif tinggi melanda wilayah bagian atas," kata Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan, dikutip Antara, Kamis (17/11/2016).

Baca: Delapan Kecamatan di Pekalongan Rawan Longsor

Ia mengatakan, pemkab bekerja sama dengan instansi terkait. Seperti TNI, Polri, Pelang Merah Indonesia, Tagana, Bagana, Resque 99, Satuan Polisi Pamong Praja, dan perlindungan masyarakat (Linmas). Personel akan bersiaga di sejumlah wilayah rawan bencana.

"Sekitar 750 personel, kami siagakan di sejumlah wilayah rawan bencana alam. Tim siap siaga bencana ini siap terjun saat terjadi kondisi darurat," katanya.

Menurut dia, pemkab juga telah menyiapkan peralatan dan logistik, serta melakukan sosialisasi dan pelatihan kewaspadaan bencana pada masyarakat di daerah rawan.

Ia mengatakan, pada 2016, pemkab melalui anggaran tidak terduga telah mengalokasikan dana Rp3 miliar penanggulangan bencana. 

Baca: Hujan Semalam, Empat Kecamatan di Pekalongan Banjir

Ia menambahkan, di beberapa wilayah yang sudah terjadi longsor, yaitu jalan Utama Kajen-Kandangserang; Desa Tajur Kecamatan Kandangserang; jalan akses Desa Batursari Kecamatan Talun; jalan raya Karanganyar-Lebakbarang; Desa Bodas, Desa Tlogohendro, dan Yosorejo Kecamatan Petungkriyono.


(SAN)