Akbar Tanjung: Negara Bertanggung Jawab Kelola Museum

Pythag Kurniati    •    Rabu, 12 Oct 2016 21:24 WIB
museum
Akbar Tanjung: Negara Bertanggung Jawab Kelola Museum
Akbar Tandjung saat mengunjungi Museum Radya Pustaka Solo, Jawa Tengah pada Rabu (12/10/2016) malam. Foto: Metrotvnews.com/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Politikus Senior Partai Golkar Akbar Tandjung menekankan pentingnya kehadiran negara dalam menjaga keberlangsungan museum. Pesan tersebut ia sampaikan saat pemutaran film dalam rangka memperingati Hari Museum Nasional di Museum Radya Pustaka, Kota Solo, Jawa Tengah.

"Museum menyimpan pengetahuan dan sejarah. Sejarah itu akar suatu bangsa. Sehingga negara harus memperhatikan," ujar Akbar Tandjung, Rabu malam (12/10/2016).

Akbar mengatakan, selain memperhatikan museum, ia juga meminta pemerintah memperhatikan para pengelolanya. "Pengelola museum itu harus jadi perhatian. Mereka dari sisi kehidupan patut diperhatikan," ujarnya.

Berdasarkan kunjungannya di beberapa museum seperti di Hongkong dan Tiongkok, Akbar menceritakan seluruh pengelola bersemangat memberi penjelasan. Hal itu akan memberi dampak positif bagi para pengunjung.

Dalam kesempatan tersebut, Akbar juga berkeliling ke sudut-sudut Museum Radya Pustaka Solo. Tak hanya itu, dalam rangka Hari Museum Nasional, di Radya Pustaka juga digelar serial film dokumenter Jejak Sejarah Surakarta.

Tiga film yang diputar yakni Riwayat Sriwedari, Radya Pustaka, serta The Last Sunan dan Jejak Revolusi di Solo. Tiga film tersebut diproduksi Yayasan Warna Warni Indonesia yang diketuai istri Akbar Tandjung, Krisnina Maharani Akbar Tandjung.


(UWA)