Keluarga Korban Tabrakan Kapal Asal Batang Jalani Tes DNA

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 22 Nov 2016 11:21 WIB
kecelakaan kapal
Keluarga Korban Tabrakan Kapal Asal Batang Jalani Tes DNA
Tim Dokkes Polres Batang, Jawa Tengah, melakukan pemeriksaan tes antemortem dan posmortem kepada keluarga korban kecelakaan laut di Batang, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Batang: Lima warga Batang, Jawa Tengah, diduga turut jadi korban tabrakan kapal di perairan Tuban, Jawa Timur. Para keluarga anak buah kapal (ABK) itu pun telah menjalani tes antemortem dan posmortem untuk mencocokkan identitas.

“Pihak keluarga kami minta mengumpulkan data-data korban, seperti foto, ciri-ciri fisik dan data pendukung lainnya. Selain itu, sampel darah dan air liur keluarga korban juga kami ambil untuk pemeriksaan DNA,” kata Kapolsek Batang Kota, AKP Bambang Sugianto, Selasa (22/11/2016). Tes dilakukan oleh Tim Dokkes Polres Batang di Mapolsek Batang Kota.

Hasil pemeriksaan antemortem dan postmortem akan diserahkan ke Polda Jatim. Dari lima ABK, salah satunya sudah ditemukan atas nama Suwarno. "Untuk memastikannya, kami lakukan pemeriksaan DNA,” tambahnya.

Baca: Nelayan Diminta Lapor SAR Bila Temukan Mayat

Bambang mengimbau keluarga korban bersabar dan tetap tenang serta selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Tabrakan antara kapal nelayan KM Mulya Sejati dengan MV Thai Son 4 berbendera Vietnam Gt 8216 aimo 9370587 terjadi pada Sabtu, 19 November. 

KM Mulya berisi 27 nelayan. Saat kejadian, dua belas ABK selamat. Sedang tiga orang ditemukan tewas sehari kemudian. Satu korban bernama Suwarno warga Batang, Jateng. Sedangkan dua lainnya belum teridentifikasi. 

Sementara sisanya masih dalam pencarian tim Basarnas. Pencarian akan terus dilakukan selama sepekan sejak tabrakan terjadi.

Baca: 15 Korban Kecelakaan Kapal di Tuban belum Ditemukan

Warga Batang yang ikut dalam KM Mulya Sejati ada lima orang. Yakni, Nasrokhim, 48, Wanidi, 49, Darmanto, 24, Cahyono, semua belum ditemukan. Lalu, satu ABK meninggal yang sudah teridentifikasi atas nama Suwarno, 49.


(SAN)