Bandara Adi Soemarmo Sempat Ditutup Dua Kali

Pythag Kurniati    •    Kamis, 24 Jan 2019 16:43 WIB
cuaca ekstrem
Bandara Adi Soemarmo Sempat Ditutup Dua Kali
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Boyolali: Bandara Adi Soemarmo Solo sempat ditutup karena derasnya hujan dan kabut yang melanda Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis, 24 Januari 2019. Penutupan dilakukan karena cuaca mengakibatkan jarak pandang terbatas dan mengancam keselamatan.

"Sehingga terpaksa dilakukan penutupan bandara sementara," kata Humas PT. Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Danar Dewi, Kamis, 24 Januari 2019.

Danar menjelaskan, penutupan bandara dilakukan sebanyak dua kali. Pertama, mulai pukul 05.40 WIB hingga sekitar pukul 08.00 WIB karena kabut. Kemudian yang kedua ditutup karena cuaca buruk pada pukul 14.45 WIB sampai 15.15 WIB.

Selama penutupan bandara berlangsung, ada sejumlah penerbangan yang terdampak. Penutupan pertama menyebabkan lima penerbangan terganggu. Pesawat mengalami penundaan (delay) dan holding (tertahan di udara hingga bandara dibuka).

"Yaitu satu penerbangan menuju Solo (GA 220) dan empat penerbangan berangkat dari Solo (Citilink QG 763, Lion Air JT 924, Lion Air JT 531, Sriwijaya Air SJ 211)," jelas Danar.

Sedangkan penutupan kedua tidak berdampak pada jadwal penerbangan. Namun satu pesawat dari Jakarta menuju Solo (Batik Air ID7041) tengah dalam perjalanan saat bandara ditutup.

Akan tetapi menurut Danar, Pesawat Batik Air telah mendarat tepat waktu pukul 15.30 WIB. "Dan bandara saat ini sudah dibuka kembali," pungkas Danar.


(DEN)