Pemprov Jateng Jamin Harga Sembako Stabil

Budi Arista Romadhoni    •    Rabu, 19 Dec 2018 12:32 WIB
harga sembakonatal dan tahun baru
Pemprov Jateng Jamin Harga Sembako Stabil
Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, harga beberapa bahan kebutuhan pangan di Pasar Gede Klaten, Jumat (14/12). MEDIA INDONESIA Koresponden Fotografer: DJOKO SARDJONO.

Semarang: Menjelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjamin harga pangan stabil. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng Arief Sambodo mengatakan, untuk komoditas pangan berupa beras, laporan dari Perum Bulog Divre Jateng juga masih aman.

"Saat ini stok cadangan beras Bulog sebanyak 140.477 ton dan mencukupi untuk 14 bulan ke depan," kata Arief di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 19 Desember 2018.

Arief menjelaskan, memasuki akhir tahun ini bisa dikatakan tidak ada komoditas pangan yang mengalami gejolak harga. Namun demikian, yang menjadi perhatian adalah komoditas cabai. Sebab, komoditas ini merupakan salah satu penyumbang inflasi yang ada di Jateng setiap memasuki akhir tahun.

"Kalau dilihat dari pergerakan fluktuasi hari per hari, yang sedikit naik turun adalah lombok. Tapi, lombok itu sifatnya hari ini naik Rp1000 besok turun Rp1000," jelas Arief.

Lebih lanjut Arief menjelaskan, untuk komoditas bawang merah yang sempat memicu inflasi pada November 2018 kemarin, juga diperkirakan tidak akan mengalami gejolak harga.

Sebab, beberapa wilayah di Kabupaten Brebes sebagai sentra bawang merah juga sudah memasuki masa panen.

"Kepada masyarakat, silakan berlibur akhir tahun dan juga merayakan Natal dengan nyaman. Pemerintah akan memastikan ketersediaan bahan pokok stabil dan terjangkau," ungkap Arief.

Untuk memantau perkembangan harga komoditas menjelang akhir tahun, pemprov mengandalkan aplikasi Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (SiHaTi). 

Melalui aplikasi tersebut, bisa diketahui komoditas yang berada di level rawan kenaikan harganya, sehingga bisa langsung diambil tindakan dan antisipasi terjadi Inflasi.


(DEN)