Dua Terduga Teroris Kendal Diduga Terkait Jaringan Tuban

Iswahyudi    •    Senin, 19 Jun 2017 17:40 WIB
penggerebekan terorisdensus 88
Dua Terduga Teroris Kendal Diduga Terkait Jaringan Tuban
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Kendal: Dua terduga teroris yang ditangkap Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror di Kendal diduga masih terkait jaringan Tuban. Dugaan keterkaitan dua jaringan tersebut berdasarkan dari barang bukti yang disita.

"Keterkaitan dengan jaringan Tuban masih didalami Densus 88," kata Kapolres Kendal AKBP Firman Dharmansyah, Senin 19 Juni 2017.

Detasemen Khusus 88 Anti-teror juga menangkap pria berinisial Z di Desa Payung, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Z ditangkap pukul 06.30 WIB seusai melakukan penggeledahan.

(Baca: Densus 88 Juga Tangkap Z di Kendal)

Tim Densus menyita sembilan unit ponsel dari bermacam merk, dokumen Yayasan Abu Bakar beserta cap dan stempel, serta buku tentang tauhid dan jihad. Tim Densus juga menyita dari gudang Masjid Abu Bakar satu buah tas hitam besar berisi bahan kimia, peralatan kompor lapangan, peralatan mandi, obat-obatan, dan buku bertuliskan nomor rekening.

Tim Densus 88 Antiteror kemudian menangkap seorang pria warga Desa Ringinarum, Kecamatan Ringinarum, Kendal, Jawa Tengah. Pria berinisial R, 40, itu berprofesi sebagai tukang las.

(Baca: Tukang Las di Kendal Ditangkap Densus 88)

Setelah R ditangkap, polisi menggeledah kediaman R. Dari situ, polisi menyita peralatan untuk las dan sebuah bendera merah putih bertuliskan huruf arab.

"Tidak ada perlawanan saat penangkapan kemarin. Keduanya ditangkap di rumah masing-masing. Bahkan, saat pengeledahan Polres Kendal juga terlibat," kata Firman.


(NIN)