Solo Target 95 Persen Anak Terimunisasi MR

Pythag Kurniati    •    Senin, 31 Jul 2017 17:23 WIB
imunisasi
Solo Target 95 Persen Anak Terimunisasi MR
(Foto: Telequebec)

Metrotvnews.com, Solo: Pemerintah Kota Solo menargetkan, minimal 95 persen anak-anak di Kota Solo terimunisasi Measles Rubella (MR). Imunisasi tersebut menyasar anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.

“Kami targetkan minimal 95 persen dari total seluruh jumlah anak di Kota Solo terimunisasi MR,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Efi Setyawati Pertiwi, Senin, 31 Juli 2017.

Merujuk data DKK, ada sebanyak 145.930 anak di Kota Solo, Jawa Tengah yang berada di rentang usia 9 bulan hingga 15 tahun. “Kalau 95 persen, jadi minimal harus ada 138.633 anak yang terimunisasi MR,” kata Efi.

Target tinggi jangkauan imunisasi MR bukan tanpa alasan. Target minimal 95 persen ditetapkan untuk meningkatkan kekebalan komunitas dan memutus transmisi penularan penyakit (campak dan rubella).

“Jadi kalau ada 100 orang sasaran. Kemudian yang diimunisasi 95 orang maka 5 orang yang berada di lingkungan mayoritas itu akan terimunisasi dengan sendirinya,” papar Efi.


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Efi Setyawati Pertiwi --MTVN/Pythag--

Ia menerangkan, imunisasi MR bermanfaat memberikan kekebalan terhadap penyakit campak dan rubella. Campak dan rubella merupakan penyakit infeksi yang menular melalui saluran nafas dan disebabkan oleh virus campak dan rubella.

“Yang sangat diupayakan adalah mengenai rubella. Memang ringan, bisa sembuh sendiri tapi sangat bahaya jika menyerang trisemester pertama ibu hamil,” kata Efi. Jika ibu hamil terserang rubella maka 90-95 persen anaknya lahir dengan cacat. Anaknya bisa mengalami kebutaan, perkembangan otak yang upnormal, jantung bocor, tuli dan lain sebagainya.

Guna mencapai target tersebut, DKK menggandeng Ikatan Dokter Anak Indonesia, guru-guru sekolah, serta tenaga medis dari Rumah Sakit. “Karena imunisasi ini sangat penting, sifatnya wajib dan digratiskan,” papar dia.

Imunisasi MR akan dilakukan serentak di seluruh Pulau Jawa mulai bulan Agustus hingga September 2017. Pada bulan Agustus, imunisasi MR di Kota Solo akan menyasar 715 sekolah. Sedangkan pada bulan September akan menyasar anak-anak yang tidak terdaftar di sekolah dan dilakukan di 1.230 pos MR di Kota Solo.



(ALB)