Keraton Kasunanan Surakarta Godok Pembentukan Bebadan Dalem

Pythag Kurniati    •    Kamis, 03 Aug 2017 17:17 WIB
keraton
Keraton Kasunanan Surakarta Godok Pembentukan Bebadan Dalem
Staf Khusus Mendagri Bidang Pemerintahan Budi Prasetyo -- MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Keraton Kasunanan Surakarta tengah menggodok pembentukan organisasi internal yang dinamakan Bebadan Dalem. Bebadan Dalem yang rencananya diresmikan 7 Agustus 2017 ini bertugas mengurusi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta.

"Tadi sudah ada informasi bahwa struktur organisasi dan tata kerja sudah hampir final. Tanggal 7 nanti sudah ada yang namanya Bebadan Dalem di Keraton Kasunanan Surakarta," kata Staf Khusus Mendagri Bidang Pemerintahan Budi Prasetyo di Solo, Jawa Tengah, Kamis 3 Agustus 2017.

Budi mengatakan, pembentukan Bebadan Dalem mulai dilakukan setelah jumenengan atau peringatan ulang tahun tahta raja pada April 2017. Pembentukan Bebadan Dalem ini akan dilengkapi dengan penjabaran tugas pokok dan fungsi.

"Raja tugasnya apa, maha menteri tugasnya apa. Supaya nanti tidak simpang siur, bantuan siapa nanti yang menerima, siapa yang mengeksekusi," tutur dia.

Menurut Budi, Kemendagri meminta agar aturan-aturan yang bersifat lisan di Keraton Kasunanan Surakarta mulai dituangkan dalam tulisan. Sebab, keraton memiliki nilai sejarah tinggi, aturan perlu dituliskan agar lebih mudah ditaati.

"Misal, masuk (Keraton Kasunanan Surakarta) boleh atau tidak memakai sepatu. Tata cara ini masih simpang siur, karenanya kami minta segera diregulasikan dan disepakati," jelasnya.

Pejabat Humas Keraton Kasunanan Surakarta Bambang Pradotonagoro membenarkan, Keraton Kasunanan Surakarta tengah menyusun Bebadan Dalem. Tidak menutup kemungkinan ada orang-orang luar keraton dan profesional dilibatkan.

Proses pembentukan Bebadan Dalem telah memasuki tahap akhir. Namun, kami belum bisa sampaikan di sini sekarang karena belum digedok oleh Sinuhun," pungkasnya.


(NIN)