Hingga Tengah Malam Kebakaran Kapal Nelayan belum bisa Dipadamkan

Renatha Swasty    •    Minggu, 16 Jul 2017 01:08 WIB
kebakaran
Hingga Tengah Malam Kebakaran Kapal Nelayan belum bisa Dipadamkan
Belasan kapal terbakar di Sungai Silugonggo, Kecamatan Juwana, Pati, Jawa Tengah -- Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Pati: Kebakaran kapal nelayan di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, belum bisa dipadamkan. Petugas kesulitan menjangkau kapal yang terbakar.

Dari pantauan di lokasi, hingga pukul 22.40 WIB, Sabtu 15 Juli 2017 kobaran api masih menyala besar. Petugas masih berjibaku memadamkan api.

Kepala Seksi Fasilitas Pelabuhan dan Ketertiban Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Juwana, Rohmad Seno Aji menyebut pemadaman api dengan mendatangkan tim dari darat tidak bisa dilakukan. Itu lantaran jarak lokasi kejadian dengan Pelabuhan Juwana sekitar 2 kilometer.

Akses jalan ke pelabuhan tambah dia, juga tidak bisa dilalui mobil. Saat ini petugas mengupayakan pemadaman menggunakan kapal kecil yang memiliki mesin pompa air ukuran sedang.

"Untuk memudahkan lalu lintas jalur laut, petugas juga membuka alur pelayaran dengan mengevakuasi kapal nelayan yang belum terbakar untuk dijauhkan," beber Juwana dikutip dari Antara, Minggu 16 Juli 2017.

Juwana mengakui untuk memudahkan upaya pemadaman ketika ada kapal yang terbakar diperlukan mobil pemadam. Tapi kata di kondisi itu berbeda di Pelabuhan Juwana.

"Karena pelabuhan Juwana berada di pedalaman dibutuhkan kapal pemadam," tutur dia.

Diketahui, kebakaran melanda kapal nelayan di Pati, Sabtu 15 Juli 2017. Penyebab kebakaran diduga saat proses perbaikan kapal. Besarnya angin dan cuaca yang terik membuat api cepat membesar dan sulit dipadamkan.

Terkait kejadian itu, ada empat korban. Tiga korban mengalami luka-luka. Sedang satu korban belum berhasil dievakuasi dari kapal.


(REN)