620 Calhaj Pekalongan Siap Diberangkatkan dalam Tiga Kloter

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 18 Jul 2017 10:32 WIB
haji 2017
620 Calhaj Pekalongan Siap Diberangkatkan dalam Tiga Kloter
Bupati Asip kholbihi menyalami jemaah calon haji usai kegiatan manasik di Pekalongan, Jawa Tengah -- MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Pekalongan: Sebanyak 620 jemaah calon haji Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, siap diberangkatkan ke Tanah Suci. Mereka diberangkatkan dalam tiga kelompok penerbangan (kloter).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pekalongan Fauzan Asyari menjelaskan, pemberangkatan untuk gelombang pertama yakni kloter 7 sebanyak 360 jemaah pada 28 Juli 2017. Mereka akan diberangkatkan tepatnya pukul 08.00 WIB dari Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Pekalongan.

"Kloter 7 ini semuanya jemaah dari Kabupaten Pekalongan. Sedangkan, untuk gelombang dua, terbagi dalam kloter 50 sebanyak 104 jemaah calon haji dari Kabupaten Pekalongan yang tergabung dengan 251 jemaah calon haji dari Kabupaten Tegal," kata Fauzan di Pekalongan, Selasa 18 Juli 2017.

Fauzan menjelaskan, untuk kloter 51 terdiri dari 156 jemaah calon haji dari Kabupaten Pekalongan yang digabung dengan 199 jemaah calon haji dari Kabupaten Brebes. "Kloter 50 dan 51 akan diberangkatkan di hari yang sama, yakni pada Jumat 11 Agustus 2017." tambahnya.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menambahkan, jemaah calon haji tidak perlu khawatir karena pemerintah sangat serius dan bertanggungjawab melakukan persiapan. "Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2017 menyatakan, akan menata perjalanan ibadah haji mulai dari kabupaten ke embarkasi maupun ke debarkasi. Semuanya kami tata, bapak dan ibu para jemaah calon haji tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk biaya transportasi ke Solo dan naik pesawat ke Madinah. Semua sudah ditanggung Pemerintah Kabupaten Pekalongan," pungkasnya.


(NIN)