Pati Anggarkan Rp1,2 M Buat Kapal Pemadam Kebakaran

Rhobi Shani    •    Senin, 17 Jul 2017 11:17 WIB
kebakaran
Pati Anggarkan Rp1,2 M Buat Kapal Pemadam Kebakaran
Belasan kapal terbakar saat sandar di sungai Silugonggo, Pati, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Pati: Dalam kurun sebulan, dua peristiwa kebakaran kapal terjadi di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Peritiwa pertama terjadi pada 14 Juni 2017. Kedua, terjadi pada Sabtu 15 Juli 2017.
 
Pada peristiwa pertama, lima kapal nelayan yang bersandar di pelabuhan Juwana ludes terbakar. Peristiwa ini diduga dari percikan api las saat pemilik kapal melakukan perbaikan. Teriknya matahari dan kencangnya api yang berhembus, membuat api cepat membesar dan merambat ke kapal lainnya.
 
Peristiwa kedua, penyebabnya diduga sama. Yaitu percikan api las saat dilakukan perbaikan kapal. Dalam peristiwa ini, 12 kapal nelayan ludes terbakar. Tiga nelayan mengalami luka bakar. Hingga pagi ini, api pun belum padam, malah kembali membesar.
 
“Kendala pemadamannya juga karena sulitnya akses menuju lokasi kejadian,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Sanusi Siswoyo, Senin 17 Juli 2017.

Baca: Api yang Membakar 12 Kapal di Pati Kembali Membesar

Sanusi bilang, berkaca pada peristiwa sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pati akan membuat kapal yang didesain khusus untuk memadamkan api jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran kapal di muara atau di alur sungai. Para nelayan juga sudah diimbau untuk memiliki mesin pompa dan selang air.
 
“Karena mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk, maka kami dan Dinas Kelautan menyarankan jangan membeli Damkar dulu, tapi pompa air dan selang. Teknisnya nanti dibawa dengan kapal karet saja sudah bisa disemprotkan (memadamkan api),” beber Sanusi.
 
Dalam APBD Kabupaten Pati tahun ini, Sanusi menambahkan, telah dianggarkan uang sebanyak Rp1,2 miliyar untuk pengadaan kapal dan tangki. Hanya saja, rencana ini tidak bisa direalisasikan dalam waktu singkat.

 


(ALB)