Belasan Kecamatan di Kabupaten Pekalongan Rawan Air Bersih

Antara    •    Senin, 11 Sep 2017 14:34 WIB
kemarau dan kekeringan
Belasan Kecamatan di Kabupaten Pekalongan Rawan Air Bersih
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Pekalongan: Belasan kecamatan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah rawan mendapatkan air bersih. Sebab, sejumlah sumber mata air mulai menyusut.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pekalongan, Bambang Sujadmiko mengatakan, 13 dari 19 kecamatan sudah masuk daftar daerah rawan kesulitan air bersih karena debit air pada beberapa sumber mata air mulai menyusut.

"Musim kemarau yang relatif cukup panjang berdampak pada debit sumber mata air mulai menyusut drastis, terutama pada 13 wilayah kecamatan," katanya.

Adapun 13 kecamatan itu, yaitu Sragi, Bojong, Kesesi, Karanganyar, Doro, Wonopringgo, Kedungwuni, Kajen, Siwalan, Karangdadap, Talun, Paninggaran, Wonopringgo, dan Kandangserang.

Menurut dia, bagi wilayah kecamatan yang kesulitan rawan air bersih segera melaporkan pada Bupati Pekalongan atau BPBD agar masalah itu segera ditindaklanjuti dengan melakukan droping air bersih ke daerah itu.

"Kami sudah mengimbau pada camat agar menyurati ke Pemkab untuk minta bantuan penyaluran air bersih. Pemkab akan segera menindaklanjuti setiap permohonan bantuan penyaluran air bersih," katanya.

Ia mengatakan sebagai langkah antisipasi mengatasi masalah kekeringan atau kesulitan air bersih, pemkab sudah mulai mendistribusikan tandon penampungan air bersih ke sejumlah desa yang terancam krisis air.

Tandon kata dia, nantinya akan digunakan oleh warga untuk menampung air bersih kemudian disalurkan pada masyarakat.

"Adapun tandon yang didistribusikan untuk penampungan air bersih tersebut. Warga bisa menggunakan jerigen dan ember untuk membawa air sesuai kebutuhannya ke rumah masing-masing," katanya.


(ALB)