27 Difabel Ikut SBMPTN di Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Selasa, 16 May 2017 16:02 WIB
sbmptnujian sbmptn
27 Difabel Ikut SBMPTN di Yogyakarta
Satu peserta berkursi roda mengikuti ujian SBMPTN di ruangan khusus, di UGM Yogyakarta. (Metrotvnews.com/dok Humas UGM)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Yogyakarta diikuti 40.867 peserta. Para penyandang kebutuhan khusus juga turut berkompetisi untuk masuk ke universitas negeri.

Data Panitia Lokasi (Panlok) 46 Yogyakarta menyebut ada 27 peserta disabilitas. Terdiri dari 13 tunarungu, 10 tunanetra dan empat orang tunadaksa.

Ketua Panlok 46 Yogyakarta Dwi Korita menyebut, SBMPTN digelar di lima universitas negeri. Yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Univeritas Pembangunan Nasional (UPN), Universitas Islam Negeri (UIN) Kalijaga dan Institut Seni Indonesia (ISI).

"Tujuh peserta tunarungu mengerjakan di UNY, empat orang di UGM, satu di UIN Kalijaga dan satu lagi di UPN," jelas Dwi Korita dalam jumpa pers di UGM Yogyakarta, Selasa, 16 Mei 2017.

Sementara, lima orang tunanetra mengikuti SBMPTN di UNY dan lima orang lainnya di UPN. Sedangkan dua peserta tunadaksa mengerjakan di UPN dan dua lainnya di UIN Kalijaga.

Pantauan Metrotvnews.com beberapa peserta difabel mengerjakan soal diruangan khusus. Salah satunya di ruangan di Fakultas Biologi UGM. Ada dua peserta yang mengerjakan soal SBMPTN dengan serius.

Satu orang memakai kursi roda. Sementara lainnya memakai kursi biasa. Mereka duduk agak berjauhan dan saling berhadapan.

"Yang satu harus dibantu pakai kursi roda karena korban kecelakaan. Yang satunya peserta non-difabel yang terlambat," tutur Sutikno penganggung jawab ujian di Fakultas Biologi UGM Yogyakarta. Peserta difabel lain disatukan dengan peserta lainnya.

Ujian SBMPTN dilaksanakan dengan berbasis kertas dan komputer (paper based test/PBT dan computer based test CBT). Khusus program studi seni dan olahraga akan ikut ujian praktik pada Rabu dan Kamis 17-18 Mei 2017.


(SAN)