Sembelih Hewan Kurban di RPH Kota Yogyakarta Gratis

Patricia Vicka    •    Jumat, 25 Aug 2017 13:49 WIB
iduladha 2017
Sembelih Hewan Kurban di RPH Kota Yogyakarta Gratis
Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti (kiri) dan Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi (kanan)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan, Kota Yogyakarta kini tak dipungut biaya. Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan insentif berupa pembebasan biaya penyembelihan kepada panitia kurban Iduladha. Kebijakan ini baru diterapkan tahun ini.

"Tahun ini kami kasih insentif penyembelihan hewan kurban di RPH. Pertama panitia kurban yang asal Kota Yogyakarta tidak dikenakan tarif retribusi pemotongan hewan. Tapi daftarkan dulu ke RPK Giwangan," ujar Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti di Kantornya, jalan Kenari Yogyakarta, Jumat 25 Agustus 2017. 

Untuk mendukung kegiatan itu, Pemkot menyiapkan juru sembelih dan juru potong yang berjumlah sekitar 20 orang. Pemkot juga menyiapkan posko pelayanan kegiatan Iduladha yang berada di RPH Giwangan. Posko ini dibuka tanggal 28 Agustus hingga 4 September 2017. 

Haryadi menjelaskan masyarakat bisa memeriksakan kesehatan hewan kurban gratis di RPH. "Disana disediakan tiga kendaraan angkutan daging untuk membawa daging kurban ke tempat kumpul pembagian daging di dalam kota Yogyakarta," kata politikus Golkar ini.

Plt Dinas Pertanian dan Pangan, Sugeng Darmanto mengatakan, pendaftaran pemotongan gratis dibuka mulai 25 Agustus sampai 4 September 2017 pukul 08.00-15.00 WIB. Sebelum dipotong, sapi-sapi akan diperiksa kesehatannya terlebih dahulu.

"Kami membatasi jumlah hewan yang dipotong per hari. Sekarang yang sudah mendaftar hari pertama ada 41 hewan kurban. Hari kedua 46 hewan kurban. Hari ketiga kosong dan hari keempat sudah ada 24 hewan. Yang masih tersisa hanya hari ketiga," jelas Sugeng.

Penggratisan biaya penyembelihan ini dilakukan agar penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan benar dan halal. Pemkot juga ingin memastikan kesehatan dan kehalalan pemotongan kurban.


(ALB)