Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Yogyakarta

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 24 Apr 2018 18:07 WIB
puting beliung
Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Yogyakarta
Pohon tumbang di SPTMD APMD Yogyakarta. Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Yogyakarta: Angin puting beliung yang terjadi di Yogyakarta, Selasa, 24 April 2018, merusak sejumlah bangunan. Cuaca ekstrem berupa hujan disertai angin kencang itu terjadi di sejumlah titik.  

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Agus Sudaryatno menuturkan, angin kencang itu terjadi di Bantul dan Kota Yogyakarta.

Di Bantul, angin kencang terjadi do Kecamatan Banguntapan. Sementara Kota Yogyakarta cuaca buruk berdampak ke Kecamatan Gondokusuman dan Demangan.

Kerusakan akibat angin puting beliung terjadi di Kecamatan Godean, Gamping, Depok, dan Sleman. "Ada sekitar 20 rumah rusak dan puluhan pohon tumbang akibat peristiwa itu," kata dia.

Ia mengungkapkan, cuaca ekstrem itu terjadi akibat aktivitas awan konvektif yang tumbuh sangat aktif dan bersifat lokal. Pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak berteduh di bawah pohon saat hujan disertai angin kencang terjadi.

Cuaca ekstrem itu juga berdampak di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) APMD Yogyakarta, di Jalan Timoho, Gondokusuman. Sejumlah pohon di kampus tersebut tumbang.

Rektor STPMD APMD Yogyakarta, Habib Muhsin manambahkan, pohon yang tumbang itu masih berusia muda. "(Pohon tumbang) itu terjadi saat perkuliahan," kata dia.
 


(SUR)