Delapan Kecamatan di Pekalongan Rawan Longsor

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 16 Oct 2016 13:16 WIB
longsor
Delapan Kecamatan di Pekalongan Rawan Longsor
Warga membersihkan longsoran dengan menggunakan alat berat di Pekalongan, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi, delapan Kecamatan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, rawan longsor. Dalam kurun waktu sepekan, setidaknya dua longsor terjadi di wilayah Pekalongan bagian selatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan, Bambang Sujatmiko, mengimbau masyarakat di wilayah pegunungan waspada. Pasalnya, berdasarkan kajian Badan Geologi Bandung, ada delapan kecamatan di wilayah atas Kabupaten Pekalongan diprediksi memiliki potensi longsor menengah hingga tinggi.

Delapan kecamatan itu masing-masing Kecamatan Paninggaran, Petungkriyono, Lebakbarang, Kadangserang, Kesesi, Kajen, Doro, dan Karanganyar. "Akibat hujan lebat beberapa hari kemarin, sudah ada dua kejadian longsor hingga menutup akses jalan utama antarkecamatan dan kabupaten," katanya, Minggu (16/10/2016).

Dijelaskan, hujan deras yang terjadi pada Minggu, 9 Oktober, mengakibatkan tebing setinggi 10 meter di tepi jalan kabupaten yang menghubungkan akses Desa Sidomulyo ke Timbangsari di Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan longsor. Akibatnya, akses jalan utama menuju ke Desa Timbangsari dari pusat ibukota kecamatan di wilayah pegunungan ini sempat terputus total.

Selain tebing jalan yang longsor, di Desa Timbangsari juga terjadi longsor talud pengaman rumah warga. Longsor mengakibatkan tiga rumah warga rusak ringan. "Tidak ada korban luka dalam kejadian ini, hanya bagian rumah yang rusak ringan,” tambahnya.

Sementara longsor kembali terjadi di wilayah Kabupaten Pekalongan. Akses jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Paninggaran dengan Lebakbarang di Desa Kaliombo, Kecamatan Paninggaran, tertimbun longsoran.

“Tebing setinggi 10 meter dengan lebar 20 meter longsor, akses jalan antarkecamatan itu tidak bisa dilalui kendaraan," kata dia.

Akses jalan ini kerap digunakan masyarakat daerah selatan Kecamatan Lebakbarang untuk membeli kebutuhan sehari-hari di Pasar Paninggaran dan Kalibening Kabupaten Banjarnegara.


(SAN)