Di Yogyakarta, Siswa Dapat Gunakan KIP Layaknya Kartu Debit

Patricia Vicka    •    Rabu, 19 Oct 2016 13:09 WIB
kartu indonesia pintar
Di Yogyakarta, Siswa Dapat Gunakan KIP Layaknya Kartu Debit
Seorang siswa SMK 2 Kota Yogyakarta tengah menggunakan KIP Plus di koperasi sekolah, MTVN - Patricia Vicka

Metrotvnews.com,Yogyakarta: Pencairan dana bantuan pendidikan dengan menggunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kini lebih gampang. Caranya cukup menggesekkan KIP di tempat belanja layaknya transaksi dengan menggunakan kartu debit.

Inovasi KIP Elektronik atau yang disebut juga dengan KIP Plus itu diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Yogyakarta pada Rabu 19 Oktober. Acara peluncuran KIP Plus digelar di SMK 2 Yogyakarta sehingga para siswa dapat melihat langsung 'kesaktian' fasilitas tersebut.

Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI, Hammid Muhammad, menjelaskan KIP Plus untuk mempermudah penyaluran dan penggunaan dana pendidikan Program Indonesia Pintar. 

"Para siswa yang kurang mampu di kota Yogyakarta diberi KIP Plus dan pin. Pin ini digunakan saat hendak berbelanja," ujarnya. 

Sebagai tahap awal, tiga sekolah di kota Yogyakarta dipilih sebagai percontohan untuk pelaksanaan KIP Plus yakni SMAN 9, SMP 6, dan SMKN 2. Beberapa siswa diberi kesempatan mencoba menggunakan KIP Plus di koperasi sekolah. 

Dirjen Hamid menambahkan jika program ini berhasil, Kemendikbud akan membagikan KIP Plus di sekolah di 44 kota atau Kabupaten di Indonesia. Program itu dilakukan mulai awal 2017.

Kepala Dinas Pendidikan DIY Baskara Aji mengatakan 1.295 siswa yang mendapatkan KIP Plus. Baskara mengatakan 150  Elektronik Data Capture (EDC) siap digunakan.

"Rinciannya ada 629 kartu untuk siswa SMP, 142 kartu untuk siswa SMA dan 524 kartu untuk Siswa SMK. Kami akan dukung program ini agar berhasil," ujarnya. 

KIP Plus bisa digunakan di sekitar 40 rekan kerja Kemendikbud di Kota Yogyakarta. Misalnya, toko buku Gramedia, koperasi sekolah, dan toko buku Palma, dan Toko Buku Karunia. Ke depannya, siswa dapat menarik dana pendidikan pada KIP Plus melalui mesin ATM.


(RRN)