Talut Ambrol, Wali Kota Solo Minta Warga Diungsikan

Pythag Kurniati    •    Kamis, 10 Nov 2016 13:16 WIB
longsor
Talut Ambrol, Wali Kota Solo Minta Warga Diungsikan
Talut ambrol di Kampung Sorogenen RT 06 RW 05, Solo, Jateng. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Talut Kali Bororejo di Kampung Sorogenen RT 06 RW 05, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Solo ambrol. Ambrolnya talut diduga lantaran keroposnya batu-batu penyusun. Ditambah lagi hujan lebat yang terjadi semalam.

Lurah Jagalan Nanang Heri Tri Wibowo menerangkan peristiwa ambrolnya talut sepanjang kurang lebih 25 meter terjadi malam tadi sekitar pukul 21.30 WIB. “Hujan lebat dan talutnya semakin tergerus,” ujar dia saat ditemui di lokasi, Kamis (10/11/2016).

Ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Talut ini pernah diperbaiki pada 2013, namun beberapa bagian kembali keropos. Sedianya, kata Nanang, perbaikan talut retak maupun rawan retak akan kembali dikerjakan tahun depan. Tapi talut sudah ambrol duluan.

Pantauan Metrotvnews.com di lapangan, ada dua rumah warga yang bersinggungan langsung dengan letak talut. Rumah itu bisa sewaktu-waktu roboh bila longsoran talut melebar.

“Mereka yang rumahnya di situ harus diungsikan dahulu kalau nanti turun hujan. Karena membahayakan,” ujar Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo saat meninjau talut.

Rudy menginstruksikan perbaikan talut secepat mungkin. Sekretaris Daerah Kota Solo, Budi Yulistianto menerangkan perbaikan talut dapat ditangani dengan dua opsi.

“Opsi pertama dengan dana tak terduga, namun harus ada penetapan bencana dari BPBD terlebih dahulu. Atau menggunakan dana pemeliharaan drainase Dinas Pekerjaan Umum Kota Solo,” tutup dia.


(SAN)