Lapas Baru Nusakambangan Berteknologi Keamanan Tinggi

   •    Jumat, 25 Nov 2016 17:15 WIB
nusakambangan
Lapas Baru Nusakambangan Berteknologi Keamanan Tinggi
Pengamanan di Dermaga Wijayapura, pintu penyeberangan ke Pulau Nusakambangan di Cilacap, Jateng. (Ant/Idhad Zakaria)

Metrotvnews.com, Cilacap: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) segera membangun lembaga pemasyarakatan (lapas) baru di Pulau Nusakambangan Cilacap, Jawa Tengah. Lapas baru itu bakal memiliki kapasitas 500 orang.

Lapas baru itu akan dibangun di daerah Karanganyar. Saat ini, sedang dibangun jalan menuju lokasi.

"Rencananya, sepanjang 13 kilometer namun sekarang 6,5 kilometer dulu sampai ke lapasnya," kata Koordinator Lapas Se-Nusakambangan dan Cilacap Abdul Aris, dikutip Antara, di Lapas Permisan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jumat (25/11/2016).

Pembangunan lapas dilaksanakan secara bertahap atau tahun berjalan. Direncanakan mulai dibangun pada 2017.

Ia mengatakan, lapas berkapasitas 500 orang itu dilengkapi sistem pengamanan maksimum. "Pengamananan secara elektrik berbasis komputer atau menggunakan teknologi informatika," jelasnya.

Selain membangun lapas baru, kata dia, Kemenkumham juga sedang melaksanakan proyek pembangunan blok baru untuk menambah kapasitas huni di sejumlah lapas Pulau Nusakambangan.

Aris mengatakan penambahan blok itu dilakukan di Lapas Permisan, Lapas Besi, dan Lapas Kembang Kuning.



"Memang tujuannya, lapas-lapas di Nusakambangan sebagai penyangga untuk Indonesia. Jadi manakala kapasitas lapas di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan sebagainya sudah berlebih, nanti akan dipindah ke sini," ungkapnya.

Kemenkumham menargetkan Pulau Nusakambangan mampu menampung 5.000 narapidana atau warga binaan pemasyarakatan. 

Saat ini, di Nusakambangan terdapat tujuh lapas. Yakni, Lapas Batu, Besi, Narkotika, Kembang Kuning, Permisan, Pasir Putih, dan Lapas Terbuka.
(SAN)