Proyek Tol Salatiga-Kartasura Segera Rampung

Budi Arista Romadhoni    •    Jumat, 14 Dec 2018 13:14 WIB
jalan tol
Proyek Tol Salatiga-Kartasura Segera Rampung
Para pekerja tengah menyelesaikan Tol Salatiga-Kartasura, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 14 Desember 2018. Medcom.id/ Budi Arista Romadhoni.

Semarang: Pembangunan tol Salatiga-Kartasura hampir 100 persen. Jalur tersebut direncanakan akan dibuka menjelang perayaan hari Natal dan Tahun Baru 2019. Pimpinan Proyek Jasa Marga Solo-Ngawi (JSN), Eddy Priyono Broto mengatakan,  penyelesaian secara fisik akan dilakukan pada Sabtu, 15 Desember 2018.

"Progresnya ini bisa dibilang sudah 100 persen. Kita hanya perbaikan dan finishing saja, seperti saluran air dan merapikan saja," kata Eddy di Jembatan Kali Kenteng, Susukan, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 14 Desember 2018. 

Eddy menjelaskan, jalan tol Trans Jawa tersebut sudah laik bila digunakan pada liburan Natal dan Tahun Baru. Eddy juga mengaku mendapat informasi jika peresmian jalan tol tersebut akan dilakukan pada 20 Desember 2018.

Jalan tol tersebut memiliki empat rest area yang sedang dipersiapkan. Ada dua tipe A dan dua Tipe B. Tipe A menurut Eddy adalah rest area yang ada rumah makan dan SPBU, tipe B hanya kamar mandi dan tempat istirahat. 

Jalan Tol Salatiga-Kartasura tersebut merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Semarang-Solo dan mempunyai panjang 32,6 kilometer.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan, menjelang libur Natal dan Tahun Baru, jalan Tol Salatiga-Kartasura sudah bisa digunakan. 

"Sudah siap ternyata bangunan utama tol Salatiga-Solo. Cuma masih kurang merapikan saja. Nanti Natal Tahun Baru sudah bisa digunakan. Sudah saya coba dua kali ini," kata Ganjar.

Ganjar mengaku akan mengupayakan, jalan tersebut bisa dilalui pada Natal mendatang. Tujuannya untuk memecah kepadatan jalan umum Salatiga-Boyolali. 

"Kalau nanti sudah kita uji coba natal belum siap dukungannya, akan kita suport BBM portable. Kita akan bantu, kita siapkan," tegasnya. 


(DEN)