Banjir Lahar Berpotensi Menerjang Kali Gendol Lereng Merapi

Patricia Vicka    •    Selasa, 19 Feb 2019 15:59 WIB
gunung merapi
Banjir Lahar Berpotensi Menerjang Kali Gendol Lereng Merapi
Warga mencari rumput di lereng Gunung Merapi di Balerante, Klaten, Jawa Tengah, Senin (18/2/2019). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah.

Yogyakarta: Hujan lebat yang kerap turun di puncak Gunung Merapi berpotensi menimbulkan banjir lahar dingin di sekitar Kali Gendol. Kepala Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang BPPTKG Kementerian ESDM, Sunarta mengimbau, masyarakat di sekitar Kali Gendol waspada dan siaga untuk mengungsi.

Sunarta menjelaskan, hujan deras akan membuat magma yang keluar dari perut gunung dapat terbawa jauh dari Hulu kali Gendol. Akibatnya volume material lava Merapi yang mengalir di Sungai Gendol akan bertambah banyak dan deras karena bercampur dengan air hujan. Arus aliran lavapun bertambah jauh dan deras.

"Kalau ada hujan besar dipuncak dalam durasi lama ada potensi lahar (dingin). Masyarakat yang tinggal di sekitar Kali Gendol agar mewaspadai bahaya lahar," kata Sunarta di Pos PGM Kaliurang, Sleman DIY, Selasa, 19 Februari 2019.

Sunarta menjelaskan, warga yang rawan bencana banjir lahar dingin adalah mereka yang tinggal sekitar 200 meter di kanan kiri Kali Gendol dengan radius 5 hingga 6 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Ia memastikan lebih dari tiga Early warning system (Ews) sudah dipasang di sepanjang kali Gendol. Ews tersebut dipasang mulai dari hulu kali yang berada di Lereng Merapi hingga mendekati pemukiman warga. 

"Ada petugas yang siaga. Puluhan CCTV juga standby memantau aktifitas Merapi dan pergerakan aliran lava," jelas Sunarta.

Selama 2018 dan awal 2019, Sunarta menegaskan belum terjadi banjir lahar di Kali Gendol. Guguran lava Merapipun masih meluncur di Kali Gendol paling jauh satu kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Berdasarkan pantauan pos PGM Kaliurang sejak pukul 00.00 WIB - 12.00 WIB terjadi guguran lava sebanyak 10 kali dengan durasi 40-70 detik. Aliran lava mengarah Kali Gendol sejauh 400 meter. Tidak ada awan panas yang keluar dari Merapi.


(DEN)