Anies Janji Jaga Pluralisme di Jakarta

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 19 Jul 2017 09:33 WIB
anies-sandi
Anies Janji Jaga Pluralisme di Jakarta
Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan -- MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berjanji menjaga pluralisme di Ibu Kota. Bahkan, ia telah menyiapkan sejumlah konsep untuk mewujudkan janjinya itu.

"Sudah ada langkah yang akan dilakukan (usai pelantikan). Tim sinkronisasi sudah bekerja," kata Anies usai menemui Raja Keraton yang juga Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Rabu dini hari, 19 Juli 2017.

Menurut Anies, pluralisme di Ibu Kota sempat terancam perpecahan selama kampanye dan proses Pilkada DKI Jakarta. Bahkan, sebagian masyarakat dianggap masih berbeda pendapat hingga kini.

Anies mengatakan, partisipasi warga bisa menjadi jalan menjaga pluralisme serta kebhinnekaan di Ibu Kota. Itu pula yang ia pelajari dari pertemuannya dengan Sultan.

"(Menjaga) Pluralisme usai Pilakada harus dilakukan dengan cara kerja sama. Dengan kerja sama, semua bisa dikerjakan dengan mudah," ujarnya.

(Baca: Anies Ingin Adopsi Sejumlah Sistem dari Yogya)

Proses kerja selama pilkada, lanjut Anies, dilakukan secara kelompok. Usai pilkada, pembangunan harus dilakukan untuk semua elemen.

"Tidak hanya pemerintah, tapi juga partisipasi warga. Warga harus terlibat," ucapnya.


(NIN)