Genjot Konten Lokal, KPID DIY Apresiasi Kerja Media

Patricia Vicka    •    Kamis, 20 Apr 2017 20:03 WIB
penghargaan
Genjot Konten Lokal, KPID DIY Apresiasi Kerja Media
Ketua KPID memberi penghargaan kepada pekerja media di Anugerah Penyiaran DIY, Kamis 20 April 2017. Foto: Metrotvnews.com/Vicka

Metrotvnews,com, Yogyakarta: Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (KPID DIY) memberi apresiasi terhadap media lokal yang memproduksi konten lokal berkualitas. Apresiasi dilakukan dengan menyelenggarakan Anugerah Penyiaran DIY 2017. 

Ketua KPID DIY Sapardiyono mengatakan, penghargaan diberikan untuk memacu para pekerja media lebih banyak memproduksi siaran yang berkualitas berunsur kearifan lokal. 

"Selama 14 tahun berdiri, kami sering memberi teguran, sanksi, dan peringatan ke media. Tapi, tak pernah memberi penghargaan. Maka, kami adakan acara ini untuk mengimbangi dan memberikan apresiasi atas kinerja rekan media," katanya, usai memberikan penghargaan, di salah satu stasiun TV lokal di Jalan Magelang Yogyakarta, Kamis 20 April 2017.

Ada 13 kategori yang dilombakan untuk media televisi dan radio, di antaranya Kategori Iklan Layanan Masyarakat Terbaik, Program Talkshow Terbaik, Program Siaran bahasa Jawa Terbaik, dan Program Seni dan Tradisi Terbaik.

Lomba diadakan selama dua minggu. Hasil karya media yang masuk akan disaring tim Juri yang merupakan ahli di bidang penyiaran dan tim KPID. Kemudian, dipilih tiga nominasi yang masuk ke babak final. Terakhir, panitia memilih satu konten terbaik yang berhak menerima penghargaan.

Dengan adanya penghargaan ini, Sapardiyono berharap para pekerja media lebih bergairah memproduksi konten lokal. 

Apalagi, kata dia, Peraturan Daerah DIY Nomor 13 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Penyiaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Program Siaran Lokal, mendukung hal itu. Di dalam aturan disyaratkan media lokal menyiarkan minimal 10 persen konten lokal. 

Adapun pemenang penghargaan antara lain:
Kategori Siaran Bahasa Jawa
- Radio Terbaik diraih Yogya Family FM dengan program "Kampung Boso Jowo". 
- Televisi Terbaik diraih TVRI Jogja dengan program "Canthing".

Kategori Program Seni dan Tradisi
- Radio Terbaik diraih Radio Rejdo Buntung dengan program "Tamune Bu Reni". 
- Televisi Terbaik diraih oleh TVRI Jogja dengan program "Ketoprak Raden Rangga".


(UWA)