Penumpang KM Dharma Kencana II Tiba di Pelabuhan Kumai

Mustholih    •    Senin, 30 Oct 2017 16:15 WIB
kapal terbakar
Penumpang KM Dharma Kencana II Tiba di Pelabuhan Kumai
Sejumlah petugas medis membantu korban terbakarnya KM Dharma Kencana II saat tiba di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah -- ANT/Yudha Manx

Metrotvnews.com, Semarang: Seluruh penumpang Kapal Motor (KM) Dharma Kencana II telah sampai di Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah. Mereka mendarat di Pelabuhan Kumai sekitar pukul 09.30 WIB.

"Setelah penumpang KM Dharma Kencana II sampai di Pelabuhan Kumai, mereka didata dan selanjutnya akan melanjutkan perjalanan ke Pontianak, Kalimantan Barat," kata Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas Gajah Rooseno di Semarang, Jawa Tengah, Senin 30 Oktober 2017.

(Baca: KM Dharma Kencana II Masih Terkatung-katung di Perairan Karimunjawa)

Namun, Gajah mengaku tidak tahu kapan pastinya penumpang Dharma Kencana II diberangkatkan ke Pontianak. "Tergantung PT Dharma Lautan Utama (perusahaan pemilik KM Dharma Kencana II). Kami hanya menolong agar penumpang selamat," lanjutnya.

Menurut Gajah, PT Dharma Lautan Utama bakal menyewa pesawat untuk memberangkatkan penumpang KM Dharma Kencana II ke Pontianak. Ini dilakukan agar mereka bisa sampai di tujuan lebih cepat.

(Baca: Kapal Dharma Kencana II Angkut 209 Penumpang saat Terbakar)

KM Dharma Kencana II berangkat dari Semarang, Jawa Tengah menuju Pontianak, Kalimantan Barat pukul 17.00 WIB pada Sabtu 28 Oktober 2017. Kapal dilaporkan terbakar di posisi 47 mil barat laut Pulau Karimunjawa pukul 04.15 WIB pada Minggu 29 Oktober 2017.

Saat terbakar, kapal mengangkut 132 penumpang dewasa, empat anak-anak, dua bayi, 40 ABK, dan 31 vendor kapal. Selain itu, Dharma Kencana juga mengangkut 20 unit motor, satu unit truk kecil, 17 unit truk, dan delapan unit mobil pribadi. Seluruh penumpang berhasil selamat dalam insiden tersebut.

 


(NIN)