Seorang Warga di Yogyakarta Tewas Akibat Miras Oplosan

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 26 Dec 2017 01:04 WIB
miras oplosan
Seorang Warga di Yogyakarta Tewas Akibat Miras Oplosan
Ilustrasi miras. Medcom.id/Mohammad Rizal

Yogyakarta: Agus Supardiono, 55, tewas usai menenggak minuman keras (miras) oplosan. Warga Pringgokusuman, Gedongtengen, Kota Yogyakarta itu sempat tak sadarkan diri sebelum tewas.

Kapolsek Gedongtengan, Kompol Partono mengatakan, kejadian bermula saat Agus membeli miras dan membawanya ke rumah tetangganya, Edy Suyatman, Minggu malam, 24 Desember. Keduanya berpesta miras oplosan hingga dini hari. 

Senin 25 Desember sekitar pukul 02.30 WIB, kata Partono, Agus dan Edy kejang-kejang lalu dilarikan oleh warga sekitar ke Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Yogyakarta. "Mereka kemudian mendapatkan perawatan intensif dari dokter," kata Partono saat dihubungi, Senin 25 Desember 2017.

Menurut Partono, Agus tewas setelah sekitar sembilan jam dirawat di rumah sakit. Sedangkan, Edy masih dalam pengawasan dokter di rumah sakit yang beralamat di Jalan Ahmad Dahlan itu. 

"Dua-duanya sempat kritis. Agus lalu meninggal, sementara Edy masih dirawat. Kami belum bisa memintai keterangan (ke Edy)," ujarnya. 

Kepolisian belum mengetahui jenis miras yang menyebabkan kematian itu. Partono juga mengaku belum mengetahui dari mana Agus dan Edy membeli miras maut itu. Ia menduga, miras yang dikonsumsi hasil oplosan sendiri. "Kemungkinan cari bahan sendiri lalu dioplos sendiri," tuturnya.

Menurut warga sekitar, kata Partono, Agus dan Edy memang kerap mengonsumsi miras. Keduanya sudah beberapa kali diperingatkan, namun tak digubris. "Mengonsumsi miras itu kan merugikan pengonsumsi sendiri. Agus meninggal dan keluarganya tidak di Jogja, di luar pulau," ungkapnya.


(AGA)