Jepara Kehabisan Anggaran Klinik Jalan

Rhobi Shani    •    Kamis, 07 Dec 2017 10:33 WIB
jalan rusak
Jepara Kehabisan Anggaran Klinik Jalan
Kondisi ruas jalan provinsi Jepara–Bangsri -- medcom.id/Rhobi Shani

Jepara: Intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, belum tinggi. Namun, sejumlah titik di ruas jalan nasional maupun provinsi di Bumi Kartini sudah rusak, bergelombang, dan berlubang.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengaku sudah melaporkan kondisi jalan yang rusak kepada pemerintah pusat dan provinsi. Pihaknya tak bisa berbuat banyak untuk mengatasi kondisi jalan yang rusak, karena anggaran pemerintah daerah yang disiapkan untuk memperbaiki jalan sudah habis.

"Ini sudah memasuki akhir tahun, anggaran tinggal sedikit. Kami sudah komunikasikan masalah ini ke provinsi maupun pusat untuk segera dilakukan perbaikan," kata Marzuqi di Jepara, Rabu, 6 Desember 2017.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Hartaya menambahkan, sisa anggaran klinik jalan saat ini dialokasikan untuk perbaikan jalan yang rusak parah dan membahayakan pengguna jalan. "Contohnya ruas jalan di Rengging yang kemarin ada kecelakaan dan menelan korban jiwa, langsung kami lakukan perbaikan dengan anggaran klinik. Jalan itu rusak karena tergenang air," terangnya.

Hartaya melanjutkan, kerusakan sejumlah infrastruktur jalan disebabkan hujan yang belakangan turun mengguyur wilayah Jepara. Secara keseluruhan, jalan kabupaten, provinsi, maupun nasional saat ini masih baik, meskipun ada sejumlah lubang dan bergelombang.

"Jika muncul kerusakan jalan, saya akan segera melaporkan kerusakan tersebut pada pemerintah provinsi maupun pusat," tandas Hartaya.


(NIN)