Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Ditargetkan Beroperasi Penuh 2020

Patricia Vicka    •    Kamis, 07 Dec 2017 20:43 WIB
kereta apiinfrastruktur
Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Ditargetkan Beroperasi Penuh 2020
Menhub Budi Karya. Foto: Antara/Rosa Panggabean

Yogyakarta: Kereta api cepat Jakarta-Surabaya ditargetkan beroperasi penuh pada 2020. Proyek yang mulai dikerjakan 2018 akan beroperasi secara bertahap.

"Bertahap misalnya dari Jakarta ke Semarang dulu. Atau dari Jakarta ke daerah yang strategis," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Yogyakarta, Kamis, 7 Desember 2017.

Kemenhub sudah mengantongi beberapa opsi pembangunan, menambah rel yang telah ada atau membuat rute baru. Sejumlah kajian ahli di bidang perkereta apian dilakukan. Dia juga menyebut, proposal dari JICA, BPPT dan Jerman juga masuk ke pemerintah.

Proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan daya saing serta menurunkan biaya losgistik arus barang dan jasa. Selain itu adanya kereta semi cepat ini bisa mengalihkan masyarakat yang biasa naik kendaraan pribadi ke kereta api.

"Kalau ada kereta api ini jarak Jakarta-Surabaya yang biasa ditempuh 9 jam bisa jadi 5,5 jam.  Kecepatannya 140 km/jam. Operasional kereta api yang biasanya satu hari bolak balik hanya sekali, nanti bisa bolak-balik dua kali sehari," jelasnya.

Nilai investasi proyek ini diperkirakan mencapai Rp60 triliun. Biaya ini sudah termasuk untuk mengatasi sekitar 800 lintas sebidang kereta api sepanjang Jakarta-Surabaya.

Sementara itu, Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan opsi meningkatkan rel kereta yang telah ada jalan terbaik. Selain  lebih murah, opsi ini juga lebih mudah dan memakan waktu lebih cepat ketimbang  membuka jalur baru.


(SUR)