Mulai 7 Juli, Pintu Timur Stasiun Tugu Hanya untuk Keberangkatan

Patricia Vicka    •    Kamis, 28 May 2015 12:49 WIB
kereta apimudik lebaran 2015
Mulai 7 Juli, Pintu Timur Stasiun Tugu Hanya untuk Keberangkatan
Ilustrasi: Antara/Noveradika

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Demi memberi kenyamanan penumpang saat lebaran, PT Kai Daop 6 Yogyakarta akan melakukan perubahan alur masuk dan keluar. Pintu Timur Stasiun Tugu yang berada di Jalan Mangkubumi hanya bakal untuk keberangkatan.

Pintu selatan yang berada di Jalan Pasar Kembang untuk kedatangan penumpang.

Deputi Eksekutif VP, Andika Tri Putranto, mengatakan perubahan alur ini mulai diberlakukan pada 7 Juli.

"Tahun lalu, pintu timur padat sekali sehingga penumpang yang mau berangkat susah masuk. Perubahan ini bertujuan supaya penumpang yang mau pergi bisa cepat sampai ke stasiun," kata Andika di kantor KAI Daop 6 Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, Kamis (28/5/2015).

Pihaknya merasa perlu mengurangi kepadatan di Jalan Mangkubumi dan mendahulukan penumpang yang akan pergi.

"Penumpang yang mau berangkat lebih urgent untuk didahulukan karena kereta tidak mungkin menunggu. Tahun lalu kita banyak dapat laporan warga yang ketinggalan kereta," ujar dia.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan beberapa persiapan perubahan alur parkir, seperti sosialisasi pintu keluar dan masuk pada penumpang dan masyarakat.

"Petugas kami akan mengarahkan penumpang datang ke pintu selatan. Sedangkan penumpang yang hendak pergi ke pintu Timur. Plang petunjuk masuk dan keluar juga akan dipasang," jelas pria yang mengenakan kemeja putih ini.

Selain itu, PT KAI akan mengatur lahan parkir selatan agar lebih luas dan banyak menampung kendaraan. "Kami akan atur bangunan disekitar parkir selatan supaya parkiran bisa menumpang lebih banyak kendaraan lagi," kata dia.


(BOB)